Thursday, November 13, 2014

Trans Sel Induk Neuron Dopamin Untuk Parkinson

LaporanPenelitian.com - Transplantasi sel induk untuk penyakit Parkinson merayap lebih dekat. Sel-sel otak yang dipanen dari sel induk membuka saham bisnis transplantasi sel untuk penyakit Parkinson.

Laporan baru menyajikan generasi lebih neuron dopamin transplantabel yang dihasilkan dari sel induk. Sel-sel ini membawa sifat yang sama dengan neuron dopamin yang ditemukan di otak manusia.

Transplantasi sel otak dengan sel dopamin janin dari embrio manusia telah dilakukan dengan hasil bervariasi. Model tikus memberi versi terbaru bersumber dari garis sel induk, membuka pintu aplikasi klinis dalam skala lebih luas.

"Kita sekarang dapat menghasilkan neuron dopamin berfungsi penuh dari sel induk. Sel-sel ini memiliki kemampuan sama seperti sel-sel dopamin otak normal," kata Malin Parmar, biolog Lund University.

"Langkah berikutnya adalah menghasilkan sel-sel yang sama di bawah regulasi untuk diterapkan pada manusia. Harapan kami adalah siap untuk tes klinis dalam waktu sekitar tiga tahun," kata Parmar.

Sel-sel dopamin janin bagaimanapun membawa beberapa pembatasan. Pertama, ada kekhawatiran etis dari janin yang digugurkan. Masalah lain adalah akses ketersediaan sel janin yang sering langka.

Upaya kolaboratif EU networks NeuroStemcellRepair and TRANSEURO menempatkan terapi sel di jalur cepat. Sel induk menjadi berfungsi neuron dopamin ke target khusus dan upaya mengintegrasikan di otak, proses yang sangat rumit.




Human ESC-Derived Dopamine Neurons Show Similar Preclinical Efficacy and Potency to Fetal Neurons when Grafted in a Rat Model of Parkinson’s Disease

Shane Grealish1,2 et al.
  1. Developmental and Regenerative Neurobiology, Department of Experimental Medical Science, Wallenberg Neuroscience Center, Lund University, 22184 Lund, Sweden
  2. Lund Stem Cell Center, Lund University, 22184 Lund, Sweden
Cell Stem Cell, 6 November 2014, DOI:10.1016/j.stem.2014.09.017, gambar dan video: Lund University.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment