Thursday, November 13, 2014

Philae Sentuh Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko

www.LaporanPenelitian.com - Touchdown! Philae lander sentuh permukaan Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Probe telah menapak, para ilmuwan menegaskan robot mendarat aman 12 November 2014.

Pertama kalinya soft landing di komet. Tapi para ilmuwan di European Space Agency (ESA) mengatakan jangkar ke permukaan gagal bekerja dengan baik dan sekarang berusaha untuk mencari tahu mengapa terjadi.

"Ini langkah besar peradaban manusia. Masalah terbesar dalam sukses adalah terlihat mudah," kata Jean-Jacques Dordain, Direktur ESA.


Misi Rosetta dipimpin oleh ESA dengan konsorsium mitra termasuk NASA berharap menyelidiki lebih lanjut komposisi komet dan bagaimana berinteraksi dengan angin Matahari.

Philae telah menghabiskan 10 tahun di bagasi Rosetta selama perjalanan di Tata Surya dalam. Probe lepas dari kapal induk Rosetta sekitar 03:30 ET dan memulai bereaksi selama 7 jam


Berat 220 pound mungkin seukuran mesin cuci, Philae dilengkapi berbagai instrumen untuk memotret dan menguji permukaan Comet 67P serta mencari tahu gas dan debu ketika terpanggang Matahari.

Gravitasi komet begitu lemah sehingga para ilmuwan datang dengan solusi cerdik untuk menjaga Philae di tetap tempat. Ketika touchdown 2 harpun meluncur dari kaki dan sekrup masing-masing 3 meter terpasang ke komet.


Dibangun konsorsium Eropa dipimpin German Aerospace Research Institute (DLR), probe lander memiliki sembilan panel. Jika semua berjalan dengan baik gambar pertama harus dari lokasi pendaratan situs J, diikuti panorama dari 7 kamera.

Sensor mengukur kepadatan dan sifat termal permukaan, analisis gas membantu identifikasi materi kimia organik, sedangkan tes lain mengukur medan magnet dan interaksi antara komet dan angin Matahari. Bor 8 inci menyampaikan materi ke oven on-board.





"Pengorbit akan tetap bersama komet selama lebih setahun, menonton peristiwa saat mendekati Matahari, sampai ke dalam 180 juta kilometer (112 juta mil)," kata Matt Taylor, ilmuwan proyek ESA.

Komet seperti 67P telah tertempa terik Matahari dalam orbit masa lalu. Permukaan sangat longgar terdiri dari es, debu dan batu serta kontur sangat tidak teratur. Temperamental yang sulit diprediksi.

Petualangan selama satu dekade melewati Bumi, Mars dan 2 asteroid. Meskipun para ilmuwan telah mendarat di planet, Lunar dan asteroid, belum pernah dicoba untuk core komet dan alasan yang baik bahwa benda ini sangat rendah gravitasi. (Gambar dan Video : ESA)
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment