Skip to main content

Forensik 3D Debu Sisa-Sisa Supernova SN1987A

Laporan Penelitian - Para astronom menggunakan teleskop radio di Australia dan Chile untuk melihat ke dalam sisa-sisa supernova 1987A.

SN1987A pertama kali dilihat di belahan Bumi selatan pada tahun 1987 ketika sebuah bintang raksasa tiba-tiba meledak di tepi galaksi kerdil Large Magellanic Cloud.

Selama 2 setengah dekade kemudian sisa-sisa Supernova 1987A terus menjadi fokus untuk mendapatkan banyak informasi tentang salah satu peristiwa paling ekstrem alam semesta.

Sekarang sebuah tim menggunakan Atacama Large Millimetre/submillimeter Array (ALMA) di Chile's Atacama Desert dan Australia Telescope Compact Array (ATCA) di New South Wales untuk mengamati dengan panjang gelombang mencakup radio hingga inframerah.

"Dengan menggabungkan 2 teleskop kita bisa membedakan radiasi yang dipancarkan perluasan radiasi gelombang kejut supernova," kata Giovanna Zanardo, astronom International Centre for Radio Astronomy Research (ICRAR) di Perth.

"Penting karena kita belum mampu memisahkan berbagai jenis emisi dan mencari tanda-tanda objek baru yang mungkin terbentuk ketika core bintang runtuh. Ini seperti penyelidikan forensik kematian bintang," kata Zanardo.



Spectral and morphological analysis of the remnant of Supernova 1987A with ALMA & ATCA

Giovanna Zanardo, Lister Staveley-Smith, Remy Indebetouw, Roger A. Chevalier, Mikako Matsuura, Bryan M. Gaensler, Michael J. Barlow, Claes Fransson, Richard N. Manchester, Maarten Baes, Julia R. Kamenetzky, Masha Lakicevic, Peter Lundqvist, Jon M. Marcaide, Ivan Marti-Vidal, Margaret Meixner, C.-Y. Ng, Sangwook Park, George Sonneborn, Jason Spyromilio, Jacco Th. van Loon

arXiv (last revised 6 Nov 2014), arXiv:1409.7811

Multi-dimensional simulations of the expanding supernova remnant of SN 1987A

T.M. Potter, L. Staveley-Smith, B. Reville, C.-Y. Ng, G. V. Bicknell, R. S. Sutherland, A. Y. Wagner

arXiv (Submitted on 14 Sep 2014), arXiv:1409.4068

Gambar: G. Zanardo, ICRAR-UWA; Video: Toby Potter, ICRAR-UWA, Rick Newton, ICRAR-UWA

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…