Skip to main content

Sensasi Hantu dan Penampakan Dunia Gaib Di Lab

LaporanPenelitian.com - Dengan ketukan di bagian belakang, peneliti membuat sensasi hantu. Pengalaman yang aneh halusinasi supranatural diciptakan lab.

Para ilmuwan menginduksi sensasi bulu kuduk bahwa seseorang berdiri di dekatnya ketika sama sekali tidak ada. Efek eksperimental menjelajahi bagaimana beberapa orang meyakini dunia gaib dan penampakan lainnya.

Laporan baru mendukung hipotesis bahwa pengindap skizofrenia dan epilepsi mengalami gangguan dalam sensasi pemantauan yang dihasilkan oleh perbuatannya sendiri memberi kontribusi untuk halusinasi dan delusi.

"Jika sinyal sensorik tertentu tidak disinkronkan dengan benar, kesalahan yang muncul pada otak sendiri ditimpakan pada objek lain," kata Olaf Blanke, neurosaintis École Polytechnique Fédérale de Lausanne di Swiss.

Pada tanggal 29 Juni 1970, pendaki gunung Reinhold Messner dan saudaranya menuruni puncak Nanga Parbat dalam kondisi beku, kelelahan dan kekurangan oksigen melihat kehadiran orang ketiga muncul di sudut pandang.

Pada tahun 2006, Blanke menguji fungsi otak pasien sebelum operasi epilepsi. Setiap kali elektrik merangsang wilayah otak yang bertanggung jawab untuk integrasi sinyal sensorik berbeda dari tubuh, pasien melihat seseorang hadir.

Hantu dan penampakan menjadi tema umum dalam sastra dan agama. Blanke menemukan beberapa kesamaan bagaimana pasien skizofrenia dan epilepsi melihat penampakan menakutkan.

Pencitraan otak menunjukkan delusi hantu memiliki lesi di korteks frontoparietal. Kerusakan area ini mengganggu otak dalam mengintegrasikan berbagai sinyal sensorik dan motorik untuk representasi yang koheren dari tubuh.




Neurological and Robot-Controlled Induction of an Apparition

Olaf Blanke 1,2,3 et al.
  1. Center for Neuroprosthetics, Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, Station 19, 1015 Lausanne, Switzerland
  2. Department of Neurology, University Hospital of Geneva, Rue Micheli-du-Crest 24, 1205 Geneva, Switzerland
  3. Laboratory of Cognitive Neuroscience, Brain Mind Institute, Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, Station 19, 1015 Lausanne, Switzerland
Current Biology, 06 November 2014, DOI:10.1016/j.cub.2014.09.049, Gambar: Alain Herzog/EPFL; Video: epflnews
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.