Friday, November 7, 2014

Monyet Berkerja Dengan Sifat Abstrak Jika Melihat Objek

Laporan Penelitian - Monyet bekerja dengan sifat abstrak dari benda yang dilihatnya, seperti anak-anak manusia yang membayangkan sifat abstrak tentang benda yang mereka lihat.

Primata non-manusia berbagi pengetahuan dasar yang sama sebagai anak manusia berumur 3 tahun dalam pemahaman tentang sebuah objek. Monyet capuchin, simpanse dan bonobo menunjukkan dunia sekedar penglihatan mata.

"Kami berangkat untuk mencari tahu bagaimana hewan membayangkan dunia di sekitarnya. Apakah mereka memiliki gagasan benda-benda memiliki sifat abstrak seperti berat?" kata Amanda Seed, neurosaintis University of St Andrews di UK.

"Atau apakah mereka bergantung pada belajar hubungan sewenang-wenang antara apa yang dilihat, apa yang dilakukan dan apa yang didapatkan dengan cara yang sama seperti kita belajar berhenti di lampu merah?" kata Seed.

Seed dan rekan menguji spesies berbeda pada dua varian masalah sederhana melibatkan sebuah kotak yang berisi dua utas tali. Hanya satu tali yang terhubungan dengan pahala makanan.

Monyet, kera non manusia dan anak-anak manusia merasa sulit untuk belajar apa yang harus dilakukan dengan objek, kecuali mereka dapat melihat fungsinya dalam tindakan.

"Kami menetapkan dua tugas dengan hasil sama bahwa monyet dan kera hanya mampu memecahkan ketika mereka melihat fungsi objek. Belajar pola sewenang-wenang tidak mudah bagi primata bahkan anak manusia 5 tahun," kata Seed.
Abstract Knowledge in the Broken-String Problem: Evidence from Nonhuman Primates and Pre-Schoolers

Carolina Mayer1 et al.
  1. University of St Andrews, School of Psychology and Neuroscience, St Andrews, Fife, Scotland, United Kingdom
PLoS ONE, 1 October 2014, DOI:10.1371/journal.pone.0108597, Gambar: David Jensen via Wikimedia Commons.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment