Skip to main content

Sekuen DNA Memberi Mesin Waktu Evolusi Tanaman

Laporan Penelitian - Sekuen DNA untuk melihat kembali peristiwa penting dalam evolusi tanaman, rincian penting transisi kunci evolusi kehidupan tanaman di planet Bumi.

Dari ganggang aneh dan eksotis, lumut, pakis, pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh jauh di dalam hutan hujan berkabut dengan biji-bijian, sayuran yang dimakan manusia dan tanaman yang menghiasi rumah.

Proyek One Thousand Plants (1KP) Collaborative menghasilkan jutaan urutan gen dari spesies tanaman sampel dari seluruh kehidupan pohon hijau. Semua akun sejarah kehidupan tanaman di planet Bumi lebih dari satu miliar tahun.

"Kami mengembangkan alat analisis baru untuk memahami hubungan dan inovasi kunci waktu evolusi tanaman," kata Jim Leebens-Mack, biologi University Georgia.

Data baru menerangi proses kompleks yang memungkinkan ganggang kuno dari air berevolusi menjadi tanaman daratan dengan adaptasi melalui kompetisi memanen sinar Matahari, air dan unsur hara.

"Seperti mesin waktu untuk mendapatkan kembali sekilas bagaimana ganggang kuno beralih ke dalam beragam tanaman bergantung pada makanan, materi dan jasa ekologi," kata Norm Wickett, biolog Chicago Botanic Garden.

Ketika tanaman mengkolonisasi daratan 450 juta tahun lalu maka dunia berubah selamanya. Tumbuh dan berkembang di lanskep dataran, lembah dan pegunungan Bumi, perubahan yang cepat memunculkan segudang spesies baru.

"Kami berharap membantu menyelesaikan beberapa perdebatan lama tentang hubungan tanaman dan lain-lain menggunakan data kami untuk lebih menjelaskan evolusi molekuler gen tanaman dan genom," kata Leebens-Mack.
Data access for the 1,000 Plants (1KP) project

Naim Matasci1,2 et al.
  1. iPlant Collaborative, Tucson 85721, AZ, USA
  2. Department of Ecology and Evolutionary Biology, University of Arizona, Tucson 85721, AZ, USA
GigaScience, 27 October 2014, DOI:10.1186/2047-217X-3-17

Phylotranscriptomic analysis of the origin and early diversification of land plants

Norman J. Wickett1,2 et al.
  1. Chicago Botanic Garden, Glencoe, IL 60022
  2. Program in Biological Sciences, Northwestern University, Evanston, IL 60208
Proceedings of National Academy of Sciences, 29 October 2014, DOI:10.1073/pnas.1323926111

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…