Skip to main content

Sel Induk Membangun Organoid Perut di Cawan Petri

Laporan Penelitian - Para ilmuwan membangun 'perut mini' di laboratorium, sel induk untuk pertama kalinya manjadi tunas organoid yang terdiri kelompok kecil jaringan lambung manusia.

Organoid lambung terdiri dari tunas sel-sel versi miniatur perut. Mereka terbuat dari sel-sel induk berpotensi majemuk yang dibujuk berkembang menjadi sel-sel lambung.

Sel induk bersemangat membuat mimpi besar transplantasi jaringan yang dibudidaya di laboratorium. Sel-sel induk dari embrio tahap awal dan sel-sel dewasa diprogram menjadi induced pluripotent stem cells (iPS).

Laporan baru mengidentifikasi langkah-langkah kimia yang terjadi selama perkembangan embrio, ketika sel-sel berdiferensiasi menjadi jenis tertentu yang membentuk perut.

Langkah-langkah kemudian direplikasi di dalam cawan Petri. iPS berkembang menjadi sel-sel endoderm, blok bangunan pernapasan dan saluran gastro intestinal. Kemudian biokimia menyikut sel-sel antrum yang menginput lendir dan hormon.

"Mereka sangat mirip dengan perut yang sebenarnya," kata James Wells, biolog Cincinnati Children's Hospital Medical Center in Ohio.

Masih pada tahap awal, organoid masih jauh menjadi pengganti jaringan atau perut lengkap. Tapi temuan baru menyediakan tes untuk mempelajari penyakit seperti kanker, diabetes dan obesitas.
Modelling human development and disease in pluripotent stem-cell-derived gastric organoids

Kyle W. McCracken1 et al.
  1. Division of Developmental Biology, Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, 3333 Burnet Avenue, Cincinnati, Ohio 45229-3039, USA
Nature, 29 October 2014, DOI:10.1038/nature13863, Gambar: Kyle McCracken

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…