Skip to main content

Sel Induk Membangun Organoid Perut di Cawan Petri

Laporan Penelitian - Para ilmuwan membangun 'perut mini' di laboratorium, sel induk untuk pertama kalinya manjadi tunas organoid yang terdiri kelompok kecil jaringan lambung manusia.

Organoid lambung terdiri dari tunas sel-sel versi miniatur perut. Mereka terbuat dari sel-sel induk berpotensi majemuk yang dibujuk berkembang menjadi sel-sel lambung.

Sel induk bersemangat membuat mimpi besar transplantasi jaringan yang dibudidaya di laboratorium. Sel-sel induk dari embrio tahap awal dan sel-sel dewasa diprogram menjadi induced pluripotent stem cells (iPS).

Laporan baru mengidentifikasi langkah-langkah kimia yang terjadi selama perkembangan embrio, ketika sel-sel berdiferensiasi menjadi jenis tertentu yang membentuk perut.

Langkah-langkah kemudian direplikasi di dalam cawan Petri. iPS berkembang menjadi sel-sel endoderm, blok bangunan pernapasan dan saluran gastro intestinal. Kemudian biokimia menyikut sel-sel antrum yang menginput lendir dan hormon.

"Mereka sangat mirip dengan perut yang sebenarnya," kata James Wells, biolog Cincinnati Children's Hospital Medical Center in Ohio.

Masih pada tahap awal, organoid masih jauh menjadi pengganti jaringan atau perut lengkap. Tapi temuan baru menyediakan tes untuk mempelajari penyakit seperti kanker, diabetes dan obesitas.
Modelling human development and disease in pluripotent stem-cell-derived gastric organoids

Kyle W. McCracken1 et al.
  1. Division of Developmental Biology, Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, 3333 Burnet Avenue, Cincinnati, Ohio 45229-3039, USA
Nature, 29 October 2014, DOI:10.1038/nature13863, Gambar: Kyle McCracken
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.