Langsung ke konten utama

Pulsa Telepon Memeta Dinamika Mobilitas Seluruh Negeri

LaporanPenelitian.com - Kota Paris sepi di hari libur ketika warga berbondong-bondong ke pantai. Pulsa telepon menonton dinamika mobilitas jutaan orang dalam setiap waktu di seluruh negeri.

Data ponsel dari tahun 2007 menunjukkan bagaimana kepadatan penduduk kota-kota di pesisir seperti Biarritz dan Bayonne mengelembung 50 atau 60 persen ketika hari libur.

Pada hari normal, pulsa telepon di Prancis seperti jantung berdetak, orang-orang mengelompokkan ke Paris dari Senin sampai Jumat, sebelum menuju keluar ke pedesaan pada akhir pekan.

Pertama kalinya menonton seluruh warga negara menbanjiri pantai menggunakan data lokasi ponsel pada ratusan juta panggilan telepon dari 20 juta orang. Metode juga bisa membantu memeta di mana data perpindahan penduduk.

Akurasi dan update data perpindahan penduduk di seluruh negara bisa membantu badan-badan angkutan umum merencanakan pelayanan atau panitia event organizer membimbing banyak orang yang berduyun-duyun menuju konser.




Dynamic population mapping using mobile phone data

Pierre Deville1,2,3 et al.
  1. Department of Applied Mathematics, Université catholique de Louvain, 1348 Louvain-la-Neuve, Belgium
  2. Center for Complex Network Research and Physics Department, Northeastern University, Boston, MA 02115
  3. Fonds National de la Recherche Scientifique, B-1000 Brussels, Belgium
Proceedings of the National Academy of Sciences, 27 October 2014, DOI:10.1073/pnas.1408439111

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…