Tuesday, October 28, 2014

Virus 700 tahun Dibangkitkan Dari Kotoran Beku Karibu

LaporanPeneltian.com - Virus 700 tahun dibangkitkan dari kotoran beku Karibu (Rangifer tarandus). Para peneliti membawa virus raksasa kuno dalam kotoran rusa Amerika Utara kembali ke kehidupan.

Pencairan es Arktik akibat perubahan iklim diprediksi melepaskan banyak partikel virus kuno ke atmosfir menjadi wabah masa depan. Seperti Ebola yang menjadi bagian dalam sejarah manusia, virus tidak hilang, mereka hanya bersembunyi.

Sebuah tim membangkitkan materi genetik virus dalam endapan permafrost kotoran Karibu (Rangifer tarandus) yang selama lebih dari 5 ribu tahun migrasi merumput semak di atas Selwyn Mountains Kanada.

Hewan-hewan berkumpul di patch es subarctic selama musim panas untuk menghindari panas atau gigitan serangga dan meletakkan kotoran di tanah. Para ilmuwan mengebor core es berisi akumulasi feses kemudian memulihkan genom lengkap DNA dan parsial RNA.

Sekunsing genetik mengidentifikasi genom RNA anggota genus Cripavirus yang menginfeksi serangga, tapi genom DNA lebih misterius. Tidak seperti sekuen virus masa kini, tapi lebih jauh dari geminivirus yang menginfeksi tanaman.

Ketika diperkenalkan kepada Nicotiana benthamiana berhasil menginfeksi daun baru. Virus mungkin berasal pada tanaman yang dimakan karibu atau dibawa serangga terbang yang tertarik pada kotoran.
Preservation of viral genomes in 700-y-old caribou feces from a subarctic ice patch

Terry Fei Fan Ng1,2 et al.
  1. Blood Systems Research Institute, San Francisco, CA 94118
  2. Department of Laboratory Medicine, University of California, San Francisco, CA 94118
Proceedings of the National Academy of Sciences, 27 October 2014, DOI:10.1073/pnas.1410429111
Gambar: Brian Moorman/Li-Fang Chen
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment