Saturday, October 25, 2014

Make-up Kimia Molekul Organik Di Atmosfer Titan

Laporan Penelitian - Make-up kimia dari atmosfer di bulan Saturnus, Titan, menampakkan zona besar dua molekul organik hydrogen isocyanide (HNC) dan cyanoacetylene (HC3N) di dekat kutup utara dan selatan.

Para astronom penasaran zona misterius molekul organik di Titan di daerah yang aneh ketika bergeser dari kutub ke timur atau barat ketika fajar memapar di atas wilayah selatan sementara senja jatuh lebih ke utara.

Atmosfer Titan bertindak sebagai pabrik kimia, memanfaatkan energi dari medan magnet Matahari dan Saturnus untuk menghasilkan berbagai molekul organik.
Kimia kompleks ini memberikan wawasan ke dalam sifat-sifat atmosfer Bumi muda.

Sensitivitas dan resolusi ekstrim Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) melacak distribusi HNC dan HC3N yang awalnya tampak terkonsentrasi secara merata di atas kutub utara dan selatan. Kejutan datang konsentrasi gas pada tingkat berbeda.

Pada saat ini para peneliti mempertimbangkan beberapa penjelasan potensial termasuk efek termal, pola yang tidak diketahui sirkulasi atmosfer atau pengaruh medan magnet kuat Saturnus yang membentang cukup jauh menyapu Titan.

ALMA measurements of the HNC and HC3N distributions in Titan's atmosphere

M. A. Cordiner, C. A. Nixon, N. A. Teanby, J. Serigano, S. B. Charnley, S. N. Milam, M. J. Mumma, P. G. J. Irwin, D. C. Lis, G. Villanueva, L. Paganini, Y.-J. Kuan, A. J. Remijan

arXiv (last revised 30 Sep 2014), arXiv:1408.6461
Gambar 1: NASA/JPL/University of Arizona; Gambar 2: NRAO/AUI/NSF.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment