Skip to main content

Partikel Baru Membantu Memahami Lem Subatomik

Laporan Penelitian - Dunia hantu bernama D*s3 (2860)ˉ adalah partikel yang belum pernah terlihat sebelumnya dan baru-baru ini muncul dari detektor LHCb (beauty) di Large Hadron Collider.

Partikel baru bisa membantu fisikawan memahami lem subatomik. Deteksi memungkinkan penyelidikan kekuatan terkuat di alam semesta. Partikel 3 kali lebih besar dan kuat dari proton membuka jendela kekuatan yang memegang inti atom bersama-sama.

Seperti proton dan neutron, D*s3 (2860)ˉ terdiri dari unit dasar materi quark. Tapi partikel baru 2 komponen quark yaitu quark aneh dan mitra antimateri quark pesona lebih berat dibanding kebanyakan partikel lain. Target ideal memahami gaya nuklir kuat yang mengikat 2 quark.

Meskipun kekuatan luar biasa dibandingkan dengan 3 kekuatan alam semesta lain yaitu nuklir lemah, elektromagnetik dan gravitasi, gaya nuklir kuat selama ini sangat sulit dibahami karena memiliki umur sangat pendek.
Observation of Overlapping Spin-1 and Spin-3 D¯0K− Resonances at Mass 2.86  GeV/c2

R. Aaij1 et al.
  1. Nikhef National Institute for Subatomic Physics, Amsterdam, The Netherlands
Physical Review Letters, 14 October 2014, DOI:10.1103/PhysRevLett.113.162001

Dalitz plot analysis of B0s→D¯0K−π+ decays

R. Aaij1 et al.
  1. Nikhef National Institute for Subatomic Physics, Amsterdam, The Netherlands
Physical Review D, 14 October 2014, DOI:10.1103/PhysRevD.90.072003
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.