Skip to main content

Uranus Alien OGLE-2008-BLG-092LAb Mengorbit Sistem Biner

Laporan Penelitian - Sebuah tim menemukan ekstrasurya dengan planet analog Uranus sejauh 25.000 tahun cahaya. Planet berlabel OGLE-2008-BLG-092LAb atau 092LAb memiliki massa sekitar 4 kali lipat Uranus.

Raksasa es menyerupai Uranus ditemukan sekitar 25.000 tahun cahaya dari Bumi dalam sistem biner di konstelasi Sagitarius. Bintang pertama dalam sistem, 092LA, dua pertiga kali Matahari dan bintang kedua, 092LB, seperenam Matahari.

Planet 092LAb mengorbit 092LA pada jarak 18 AU atau hampir persis jarak Uranus mengorbit Matahari. Radosław Poleski, astronom Ohio State University dan Warsaw University Observatory, menemukan sistem planet menggunakan gravitasi mikrolensing.

"Hanya gravitational microlensing dapat mendeteksi raksasa es dingin seperti Uranus dan Neptunus yang jauh dari bintang host," kata Poleski.

Dua peristiwa terpisah microlensing pada tahun 2008 mengungkap 092LA dan pada tahun 2010 mengkonfirmasikan adanya planet dan mengungkap 092LB. Kedua pengamatan dilakukan dengan 1.3 meter Warsaw Telescope di Las Campanas Observatory, Chile.

"Tidak ada yang tahu pasti mengapa Uranus dan Neptunus terletak di pinggiran Tata Surya. Temuan dapat membantu memecahkan misteri asal-usul raksasa es di Tata Surya kita," kata Andrew Gould, astronom Ohio State University.
Triple Microlens OGLE-2008-BLG-092L: Binary Stellar System with a Circumprimary Uranus-type Planet

Radosław Poleski, Jan Skowron, Andrzej Udalski, Cheongho Han, Szymon Kozłowski, Łukasz Wyrzykowski, Subo Dong, Michał K. Szymański, Marcin Kubiak, Grzegorz Pietrzyński, Igor Soszyński, Krzysztof Ulaczyk, Paweł Pietrukowicz, Andrew Gould

arXiv, last revised 5 Sep 2014, arXiv:1408.6223
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.