Skip to main content

Konstruksi Cluster Spiderweb Galaxy MRC 1138-262

Laporan Penelitian - Cluster galaksi adalah objek terbesar ruang yang diselenggarakan bersama gravitasi tetapi formasi tetap teta-teki. Sekarang sebuah tim menggunakan batas-batas teknologi untuk mengintip sisi gelap debu.

Spiderweb Galaxy MRC 1138-262 dan sekitarnya telah dipelajari selama 20 tahun dan dianggap salah satu contoh terbaik protocluster dalam proses pembentukan lebih dari 10 miliar tahun lalu.

Tapi Helmut Dannerbauer, astronom University of Vienna, dan tim menduga cerita jauh dari sempurna. Mereka ingin menyelidiki sisi gelap pembentukan bintang dan berapa banyak formasi bintang tersembunyi di balik debu.

Kamera LABOCA di teleskop APEX di Chili membuat 40 jam pengamatan pada panjang gelombang milimeter untuk menembus awan debu tebal. Suatu pengamatan terdalam dari ketinggian 5050 meter di atas permukaan laut.

Para ilmuwan berharap wilayah pembentukan bintang di filamen besar yang penghubung antar galaksi. Tapi Dannerbauer menemukan sebagian besar terkonsentrasi di satu wilayah bahkan tidak berpusat pada Spiderweb Galaxy dalam sentral protocluster.

"Kami bertujuan mengetahui pembentukan bintang tersembunyi di cluster Spiderweb dan berhasil, tapi misteri baru terjadi bahwa tidak terjadi seperti yang kita harapkan. Metropolitan berkembang asimetris," kata Dannerbauer.
An excess of dusty starbursts related to the Spiderweb galaxy

H. Dannerbauer1 et al.
  1. Universität Wien, Institut für Astrophysik, Türkenschanzstraße 17, 1180 Wien, Austria
Astronomy & Astrophysics, 15 October 2014, DOI:10.1051/0004-6361/201423771
Gambar: ESO/M. Kornmesser

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…