Skip to main content

Spesies Baru Aegista diversifamilia Beda Aegista subchinensis

Laporan Penelitian - Spesies baru Aegista diversifamilia endemik Taiwan termasuk genus siput tanah bernapas di darat keluarga Bradybaenidae. Aegista diversifamilia memiliki tinggi cangkang 0,97-1,68 cm dan lebar 1,98-3,24 cm.

Cangkang tipis tapi padat, mengkilap dengan kastanye coklat atau coklat kekuningan, biasanya meruncing dan coklat muda pita spiral di pinggiran.
Bertelur putih bulat, diamater 3 mm dan 20-30 butir sekali bertelur.

Siput umumnya ditemukan di tanah atau di bawah serasah daun teduh, lingkungan lembab di dataran rendah hutan tanaman keras. Selama bertahun-tahun A. diversifamilia membuat bingung dengan Aegista subchinensis.

Pada tahun 2003, Wen-Lung Wu dari Academia Sinica’s Biodiversity Research Center di Taipei dan rekan melihat perbedaan morfologi antara populasi barat dan timur Aegista subchinensis yang dipisahkan oleh Central Mountain Range.

Mereka menyarankan spesies samar dalam A. subchinensis. Analisis morfologi dan molekuler menegaskan apa yang dianggap A. subchinensis dari Taiwan timur pada kenyataannya sebuah spesies baru.

"A. diversifamilia dan A. subchinensis juga secara geografis dipisahkan oleh Sungai Lanyang, penghalang biogeografi untuk hewan darat dataran rendah," kata Wu.
Taxonomic revision of Aegista subchinensis (Möllendorff, 1884) (Stylommatophora, Bradybaenidae) and a description of a new species of Aegista from eastern Taiwan based on multilocus phylogeny and comparative morphology

Chih-Wei Huang1 et al.
  1. National Taiwan Normal University, Taipei City, Taiwan
ZooKeys, 13 Oct 2014, DOI:10.3897/zookeys.445.7778
Gambar: Chih-Wei Huang et al.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.