Wednesday, October 15, 2014

Erupsi Besar Aktivitas Vulkanik Gunung Berapi di Merkurius

LaporanPenelitian.com - Letusan keras di masa lalu Merkurius memegang petunjuk pembentukannya, gunung berapi di Merkurius mungkin lebih eksplosif dan mungkin telah meletus baru-baru ini.

Probe NASA MESSENGER melihat endapan vulkanik di permukaan planet, bukti aktivitas ledakan paling lama 1 milyar tahun lalu. Laporan sebelumnya dari kawah lava lain menempatkan aktivitas vulkanik di lebih dari 3,5 miliar tahun lalu.

Exoplanet berbatu seperti Merkurius bisa memiliki aktivitas gunung berapi yang sama, melepaskan volatil untuk evolusi kehidupan di permukaan. Bahkan aktivitas vulkanisme juga terjadi di permukaan Lunar

Suhu permukaan berkisar -173 sampai 427 derajat Celcius, Mercurius tidak layak huni tapi form batuan kecil dan mengorbit bintang dingin masuk dalam zona layak huni. Wilayah di mana air cair eksis di permukaan.

"Merkurius jauh lebih kecil daripada Bumi sehingga mendingin lebih cepat sejak pembentukan. Banyak model tidak memprediksi vulkanisme dalam 2 miliar tahun terakhir," kata Rebecca Thomas, fisikawan Open University di Inggris.

"Fakta bahwa mereka memiliki bukti vulkanisme tersebut, meskipun struktur internal dan sejarah geologi sangat berbeda menunjukkan bahwa model thermal salah atau ada penyebab umum perpanjangan waktu aktivitas gunung berapi tersebut," kata Thomas.
Long-lived explosive volcanism on Mercury

Rebecca J. Thomas1 et al.
  1. Department of Physical Sciences, The Open University, Milton Keynes, UK
Geophysical Research Letters, 4 September 2014, DOI:10.1002/2014GL061224
Gambar: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Carnegie Institution of Washington
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment