Skip to main content

Erupsi Besar Aktivitas Vulkanik Gunung Berapi di Merkurius

LaporanPenelitian.com - Letusan keras di masa lalu Merkurius memegang petunjuk pembentukannya, gunung berapi di Merkurius mungkin lebih eksplosif dan mungkin telah meletus baru-baru ini.

Probe NASA MESSENGER melihat endapan vulkanik di permukaan planet, bukti aktivitas ledakan paling lama 1 milyar tahun lalu. Laporan sebelumnya dari kawah lava lain menempatkan aktivitas vulkanik di lebih dari 3,5 miliar tahun lalu.

Exoplanet berbatu seperti Merkurius bisa memiliki aktivitas gunung berapi yang sama, melepaskan volatil untuk evolusi kehidupan di permukaan. Bahkan aktivitas vulkanisme juga terjadi di permukaan Lunar

Suhu permukaan berkisar -173 sampai 427 derajat Celcius, Mercurius tidak layak huni tapi form batuan kecil dan mengorbit bintang dingin masuk dalam zona layak huni. Wilayah di mana air cair eksis di permukaan.

"Merkurius jauh lebih kecil daripada Bumi sehingga mendingin lebih cepat sejak pembentukan. Banyak model tidak memprediksi vulkanisme dalam 2 miliar tahun terakhir," kata Rebecca Thomas, fisikawan Open University di Inggris.

"Fakta bahwa mereka memiliki bukti vulkanisme tersebut, meskipun struktur internal dan sejarah geologi sangat berbeda menunjukkan bahwa model thermal salah atau ada penyebab umum perpanjangan waktu aktivitas gunung berapi tersebut," kata Thomas.
Long-lived explosive volcanism on Mercury

Rebecca J. Thomas1 et al.
  1. Department of Physical Sciences, The Open University, Milton Keynes, UK
Geophysical Research Letters, 4 September 2014, DOI:10.1002/2014GL061224
Gambar: NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Carnegie Institution of Washington

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…