Skip to main content

Ibu Lebih Tua Mentransmisi Mutasi Lebih DNA Mitokondria

Laporan Penelitian - Tingkat mutasi mitokondria lebih besar ditemukan pada anak-anak yang lahir dari ibu yang lebih tua. Efek usia ibu memprediksi akumulasi mutasi DNA mitokondria (mtDNA) sel-sel dan telur ibu.

Tim multidisiplin berangkat untuk mengetahui apakah usia ibu sangat penting dalam akumulasi mutasi mtDNA baik pada ibu dan anak sebagai akibat dari transmisi. Mitokondria adalah struktur dalam sel yang memproduksi energi.

Mutasi mtDNA menyebabkan lebih dari 200 penyakit seperti diabetes, kanker, Parkinson dan Alzheimer. Laporan baru menunjuk angka lebih besar varian DNA mitokondria pada anak-anak yang lahir dari ibu yang lebih tua.

"Mereka adalah penyakit yang menghancurkan dan tidak ada obatnya. Temuan kami tentang transmisi sangat penting," kata Kateryna Makova, biolog Pennsylvania State University.

"Banyak penyakit dipengaruhi mitokondria lebih dari satu sistem dalam tubuh manusia yang membutuhkan banyak energi termasuk jantung, otot rangka dan otak," kata Makova.

Sel-sel terus membelah dan semakin tua semakin lebih banyak gen mutan. Tapi menemukan tingkat mutasi pada anak-anak yang lahir dari ibu yang lebih tua datang sebagai kejutan. Sebuah parameter memprediksi persentase pembawa penyakit.

"Sekarang kita memiliki daya prediksi dan dapat membantu konselor genetik tentang kemungkinan penyakit mitokondria yang diteruskan ke generasi berikutnya," kata Makova.

"Semua orang khawatir tentang sindrom Down karena itu masalah umum genetik. Kami sekarang menambahkan satu set kelainan genetik yang mungkin juga dipengaruhi oleh usia ibu. Ini baik untuk membuat keluarga berencana," kata Makova.
Maternal age effect and severe germ-line bottleneck in the inheritance of human mitochondrial DNA

Boris Rebolledo-Jaramillo1 et al.
  1. Departments of Biochemistry and Molecular Biology, Pennsylvania State University, University Park, PA 16802
Proceedings of the National Academy of Sciences, 13 October 2014, DOI:10.1073/pnas.1409328111
Gambar: Gary Carlson

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…