Tuesday, October 14, 2014

Ibu Lebih Tua Mentransmisi Mutasi Lebih DNA Mitokondria

Laporan Penelitian - Tingkat mutasi mitokondria lebih besar ditemukan pada anak-anak yang lahir dari ibu yang lebih tua. Efek usia ibu memprediksi akumulasi mutasi DNA mitokondria (mtDNA) sel-sel dan telur ibu.

Tim multidisiplin berangkat untuk mengetahui apakah usia ibu sangat penting dalam akumulasi mutasi mtDNA baik pada ibu dan anak sebagai akibat dari transmisi. Mitokondria adalah struktur dalam sel yang memproduksi energi.

Mutasi mtDNA menyebabkan lebih dari 200 penyakit seperti diabetes, kanker, Parkinson dan Alzheimer. Laporan baru menunjuk angka lebih besar varian DNA mitokondria pada anak-anak yang lahir dari ibu yang lebih tua.

"Mereka adalah penyakit yang menghancurkan dan tidak ada obatnya. Temuan kami tentang transmisi sangat penting," kata Kateryna Makova, biolog Pennsylvania State University.

"Banyak penyakit dipengaruhi mitokondria lebih dari satu sistem dalam tubuh manusia yang membutuhkan banyak energi termasuk jantung, otot rangka dan otak," kata Makova.

Sel-sel terus membelah dan semakin tua semakin lebih banyak gen mutan. Tapi menemukan tingkat mutasi pada anak-anak yang lahir dari ibu yang lebih tua datang sebagai kejutan. Sebuah parameter memprediksi persentase pembawa penyakit.

"Sekarang kita memiliki daya prediksi dan dapat membantu konselor genetik tentang kemungkinan penyakit mitokondria yang diteruskan ke generasi berikutnya," kata Makova.

"Semua orang khawatir tentang sindrom Down karena itu masalah umum genetik. Kami sekarang menambahkan satu set kelainan genetik yang mungkin juga dipengaruhi oleh usia ibu. Ini baik untuk membuat keluarga berencana," kata Makova.
Maternal age effect and severe germ-line bottleneck in the inheritance of human mitochondrial DNA

Boris Rebolledo-Jaramillo1 et al.
  1. Departments of Biochemistry and Molecular Biology, Pennsylvania State University, University Park, PA 16802
Proceedings of the National Academy of Sciences, 13 October 2014, DOI:10.1073/pnas.1409328111
Gambar: Gary Carlson
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment