Tuesday, October 14, 2014

Radiasi Hawking Muncul Dari Lubang Hitam Sonik di Lab

LaporanPenelitian.com - Radiasi Hawking telihat dalam lubang hitam suara, penciptaan di laboratorium memancarkan energi seperti yang diprediksi, tetapi eksperimen mungkin tidak definitif.

Sebuah dentum lubang hitam diproduksi di lab mengkonfirmasi keberadaan radiasi yang diprediksi fisikawan University of Cambridge Stephen Hawking. Jika divalidasi penelitian lebih lanjut, temuan memberi bukti partikel berkedip masuk dan keluar massa lubang hitam.

Jeff Steinhauer, fisikawan Technion-Israel Institute of Technology di Haifa, menemukan cara meniru Hawking radiation. Pada tahun 1974 Hawking yakin ketika salah satu dari sepasang partikel materi atau anti-materi ditarik ke dalam lubang hitam mengalir bebas ke ruang.

Sejak itu, fisikawan telah mencoba untuk mendeteksi berasal dari lubang hitam atau menciptakan kembali di laboratorium entah bagaimana. Sejauh ini, belum ada yang mampu melakukan keduanya, meskipun Steinhauer mengklaim datang lebih dekat.

Steinhauer ini didasarkan pada teori bahwa cairan kuantum harus dapat meniru cakrawala apa yang terjadi saat peristiwa lubang hitam. Steinhauer menggunakan suara daripada cahaya.

Beberapa atom rubidium didinginkan di atas nol mutlak, sehingga berperilaku sebagai objek kuantum tunggal cairan. Selanjutnya, laser menyebabkan cairan bergerak lebih cepat dari suara. Gelombang suara terjebak meniru dampak gravitasi dalam lubang hitam.

Setup mengakibatkan pasang gelombang suara tercipta dan tiba-tiba menghilang, meniru partikel materi dan anti-materi di dekat lubang hitam. Kadang-kadang salah satu partikel berpasangan ditarik, sementara yang lain tidak.

Steinhauer kemudian memperkuat dengan mendirikan cakrawala peristiwa sekunder yang menyebabkan gelombang suara bangkit kembali dan sebagainya, membangun cukup untuk memungkinkan pengukuran.

"Ini memberitahu kita bahwa gagasan Hawking benar-benar bekerja. Sebuah lubang hitam harus benar-benar menghasilkan radiasi Hawking," kata Steinhauer.

"Radiasi Hawking eksponensial tumbuh, self-amplifies. Memungkinkan saya untuk mengamati, karena amplitudo tumbuh," kata Steinhauer.
Observation of self-amplifying Hawking radiation in an analogue black-hole laser

Jeff Steinhauer1
  1. Department of Physics, Technion-Israel Institute of Technology, Technion City, Haifa 32000, Israel
Nature Physics, 12 October 2014, DOI:10.1038/nphys3104
Gambar: Jeff Steinhauer
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment