Monday, October 13, 2014

Materi Gelap Bima Sakti Hanya Setengah Dugaan Sebelumnya

www.LaporanPenelitian.com - Setengah materi gelap dari apa yang kita pikir, pengukuran baru kandungan materi gelap dalam Bima Sakti melihat ada setengah sebanyak materi misterius dari didugaan sebelumnya.

Sebuah tim menggunakan metode yang dikembangkan hampir 100 tahun lalu menemukan massa materi gelap di galaksi kita sendiri seberat 800.000.000.000 (atau 8x1011) kali massa Matahari.

"Bintang, debu, Anda dan saya, semua hal yang kita lihat hanya membuat 4 persen. Sekitar 25 persen adalah materi gelap dan sisanya adalah energi gelap," kata Prajwal Kafle, astronom University of Western Australia.

Kafle dan tim International Centre for Radio Astronomy Research (ICRAR) mengukur massa materi gelap di Bima Sakti dengan menyelidiki kecepatan bintang di seluruh galaksi, termasuk detail sisi tepi yang belum pernah dipelajari sebelumnya.

Teknik mapan yang dikembangkan astronom Inggris James Jeans pada tahun 1915-dekade sebelum penemuan materi gelap. Pengukuran Kafle dan tim membantu memecahkan misteri yang lama menghantui selama hampir 2 dekade.

"Ide saat ini teori Lambda Cold Dark Matter bahwa harus ada beberapa galaksi satelit besar di sekitar Bima Sakti yang terlihat dengan mata telanjang, tapi kami tidak melihat itu," kata Kafle.

"Bila Anda menggunakan pengukuran dari massa materi gelap, teori seharusnya memprediksi hanya 3 galaksi satelit di luar sana. Large Magellanic Cloud, Small Magellanic Cloud dam Sagittarius Dwarf Galaxy," kata Kafle.

Satelit yang hilang telah menjadi duri kosmologis selama hampir 15 tahun, mungkin tak seburuk yang dipikir meskipun ada masalah harus dihadapi. Kafle juga menyajikan model holistik kecepatan yang diperlukan untuk meninggalkan galaksi.

"Bersiaplah memukul 550 kilometer per detik jika Anda ingin melarikan diri dari cengkeraman gravitasi galaksi kita," kata Kafle.

"Roket diluncurkan dari Bumi hanya membutuhkan 11 kilometer per detik untuk meninggalkan permukaan sudah sekitar 300 kali lebih cepat dari batas kecepatan maksimum mobil!" kata Kafle.



On the Shoulders of Giants: Properties of the Stellar Halo and the Milky Way Mass Distribution

Prajwal R. Kafle, Sanjib Sharma, Geraint F. Lewis, Joss Bland-Hawthorn

arXiv (Submitted on 8 Aug 2014), arXiv:1408.1787
Gambar: ESO/L. Calçada, video: Chris Power dan Rick Newton, ICRAR. Music by Reuben Christman.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment