Friday, October 10, 2014

Paus Pembunuh Orcinus orca Belajar Vokal Seperti Lumba-Lumba

www.LaporanPeneliitan.com - Paus pembunuh belajar berkomunikasi seperti lumba-lumba. Paus Pembunuh (Orcinus orca) belajar vokal yang disosialisasikan Lumba-lumba Botol (Tursiops truncatus).

Suara kebanyakan hewan yang digunakan untuk berkomunikasi adalah bawaan. Tapi beberapa spesies termasuk manusia bisa meniru suara baru dan menggunakannya dalam konteks sosial yang tepat.

Kemampuan ini dikenal sebagai pembelajaran vokal atau salah satu dari dasar-dasar bahasa. Belajar vokal telah diamati pada kelelawar, burung dan Cetacea. Tapi mempelajari sifat dalam hewan besar laut lebih dari sebuah tantangan.

Paus pembunuh (Orcinus orca) terlibat dalam belajar vokal silang spesies. Bila disosialisasikan dengan Lumba-lumba Botol (Tursiops truncatus), orca menggeser jenis suara yang mereka buat lebih mendekati mitra sosial bahwa imitasi vokal memfasilitasi interaksi sosial Cetacea.

Repertoar vokal kompleks terdiri dari klik, peluit dan panggilan berdenyut berulang singkat diselingi diam. Fitur akustik vokalisasi seperti pola durasi, pitch dan pulsa yang berbeda-beda di kelompok sosial yang dikenal sebagai dialek.

"Ada ide waktu yang lama bahwa paus pembunuh belajar dialek, tetapi belum cukup untuk mengatakan mereka semua memiliki dialek yang berbeda," kata Ann Bowles dari Hubbs-SeaWorld Research Institute di San Diego.

"Perlu ada beberapa bukti eksperimental sehingga Anda bisa mengatakan seberapa baik mereka belajar dan konteks apa mempromosikan belajar," kata Bowles.



Differences in acoustic features of vocalizations produced by killer whales cross-socialized with bottlenose dolphins

Whitney B. Musser1 et al.
  1. Department of Environmental and Ocean Sciences, University of San Diego, 5998 Alcalá Park, San Diego, California 92110
The Journal of the Acoustical Society of America, DOI:10.1121/1.4893906
Gambar: NOAA via Wikimedia Commons, video: Wikimedia Commons
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment