Skip to main content

Nobel Kedokteran 2014 GPS Otak

LaporanPenelitian.com - Peneliti AS-Inggris John O'Keefe dan Norwegia May-Britt Moser dan Edvard Moser memenangkan Anugerah Nobel 2014 dalam bidang kedokteran.

Temuan pada tikus tentang "GPS batin" yang membantu otak menavigasi dunia menunjukkan sistem yang sama juga tejadi di otak manusia mewakili "pergeseran paradigma" dalam sains tentang bagaimana sel bekerja sama untuk fungsi kognitif.

Majelis Nobel mengatakan temuan O'Keefe, Moser dan Moser membantu para ilmuwan memahami mekanisme di belakang penyakit seperti Alzheimer dan menemukan positioning system yang memungkinkan untuk menyesuaikan diri di ruang angkasa.

O'Keefe berusia 75 tahun dari University College London yang lahir di New York menemukan komponen pertama sistem ini pada tahun 1971 ketika menemukan jenis tertentu sel saraf selalu aktif ketika tikus berada di tempat tertentu di sebuah ruangan.



Gambar dan video: Nobel Prize
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.