Skip to main content

Montase Jet di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko

www.LaporanPenelitian.com - Aktivitas jet di leher Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, empat bidikan gambar berselang beberapa menit membentuk montase komet pada tanggal 26 September 2014.

Pada saat itu ESA Rosetta berada pada sekitar 26 kilometer dari pusat komet dan area aktivitas jet terlihat pada leher komet. Jet berasal dari beberapa lokasi diskrit adalah produk sublimasi es dan gas yang melarikan diri dari dalam core.

Sudut tumpang tindih dan sedikit berbeda dari 4 gambar membentuk montase adalah hasil efek gabungan dari komet yang berputar dalam urutan sekitar 10 derajat dan waktu sekitar 20 menit ketika Rosetta bergerak.

Diluncurkan pada Maret 2004, Rosetta diaktifkan kembali Januari 2014 setelah menjalani hibernasi 957 hari. Rosetta yang terdiri dari probe pengorbit dan lander untuk misi penyelidikan rinci Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Komet adalah kapsul waktu yang berisi material primitif sisa-sisa ketika Matahari dan planet-planet terbentuk. Para ilmuwan percaya komet memiliki peran penting dalam penyemaian air dan kehidupan di Bumi dan planet lain.

Philae dijadwalkan melakukan pendaratan pada bulan November depan dan melacak perubahan komet sampai tahun 2015 ketika aksi perihelion. Tugas Philae mengebor permukaan dan membuka analisis komprehensif komposisi primordial.

Rosetta juga jadi wahana pertama yang menyaksikan jarak dekat bagaimana perubahan komet akibat peningkatan intensitas radiasi Matahari. Pengamatan membantu lebih lanjut asal-usul dan evolusi Tata Surya.

Gambar: ESA/Rosetta

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…