Monday, October 6, 2014

Montase Jet di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko

www.LaporanPenelitian.com - Aktivitas jet di leher Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, empat bidikan gambar berselang beberapa menit membentuk montase komet pada tanggal 26 September 2014.

Pada saat itu ESA Rosetta berada pada sekitar 26 kilometer dari pusat komet dan area aktivitas jet terlihat pada leher komet. Jet berasal dari beberapa lokasi diskrit adalah produk sublimasi es dan gas yang melarikan diri dari dalam core.

Sudut tumpang tindih dan sedikit berbeda dari 4 gambar membentuk montase adalah hasil efek gabungan dari komet yang berputar dalam urutan sekitar 10 derajat dan waktu sekitar 20 menit ketika Rosetta bergerak.

Diluncurkan pada Maret 2004, Rosetta diaktifkan kembali Januari 2014 setelah menjalani hibernasi 957 hari. Rosetta yang terdiri dari probe pengorbit dan lander untuk misi penyelidikan rinci Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Komet adalah kapsul waktu yang berisi material primitif sisa-sisa ketika Matahari dan planet-planet terbentuk. Para ilmuwan percaya komet memiliki peran penting dalam penyemaian air dan kehidupan di Bumi dan planet lain.

Philae dijadwalkan melakukan pendaratan pada bulan November depan dan melacak perubahan komet sampai tahun 2015 ketika aksi perihelion. Tugas Philae mengebor permukaan dan membuka analisis komprehensif komposisi primordial.

Rosetta juga jadi wahana pertama yang menyaksikan jarak dekat bagaimana perubahan komet akibat peningkatan intensitas radiasi Matahari. Pengamatan membantu lebih lanjut asal-usul dan evolusi Tata Surya.

Gambar: ESA/Rosetta
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment