Skip to main content

Fosil Dating 300 Juta Tahun Memiliki Bukti Regenerasi

LaporanPenelitian.com - Regenerasi anggota tubuh dalam fosil amfibi yang datang 300 juta tahun lalu menunjukkan kemampuan meregenerasi seluruh anggota badan tidak terbatas pada salamander modern.

Para ilmuwan percaya salamander satu-satunya hewan modern berkaki empat yang dapat meregenerasi seluruh anggota tubuh sepanjang hidup mereka. Tapi tak jelas bagaimana kemampuan sifat diwariskan dan mekanisme evolusi yang terjadi.

Ketika salamander modern kehilangan organ, penggantian tumbuh kembali tidak selalu tampak seperti aslinya, khususnya jika kehilangan anggota tubuh yang sama lebih dari sekali. Kadang ada benjolan aneh atau unit-unit menyatu kembali bersama-sama.

Tetap misteri mengapa spesies tetrapoda lain tidak memiliki kemampuan ini. Kemampuan regenerasi anggota tubuh mungkin hilang dari waktu ke waktu karena sifat yang tidak lagi diperlukan atau karena menghabiskan terlalu banyak sumber daya.

Perspektif evolusi regenerasi anggota tubuh bisa membantu para ilmuwan yang sedang berusaha untuk mengetahui dan menggulang proses penggantian oragan tubuh, terutama pada manusia, melalui beberapa mekanisme yang belum diketahui.

Early evolution of limb regeneration in tetrapods: evidence from a 300-million-year-old amphibian

Nadia B. Fröbisch1, Constanze Bickelmann1 and Florian Witzmann1
  1. Museum für Naturkunde, Leibniz-Institut für Evolutions- und Biodiversitätsforschung, Invalidenstrasse 43, 10115 Berlin, Germany
Proceedings of the Royal Society B, 7 November 2014

Akses : DOI:10.1098/rspb.2014.1550

Gambar: N. B. Fröbisch et al., DOI:10.1098/rspb.2014.1550

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…