Saturday, September 27, 2014

Rhinorex condrupus, Raja Hidung Hadrosaurus Cretaceous Akhir

Laporan Penelitian - Hadrosaurus baru dengan profil hidung benar-benar berbeda, Rhinorex condrupus, tinggal di tempat yang sekarang Utah sekitar 75 juta tahun lalu selama periode Cretaceous Akhir. Rhinorex adalah "Raja Hidung".

Rhinorex condrupus pemakan tumbuhan dan kerabat dekat hadrosaurus Cretaceous lain seperti Parasaurolophus dan Edmontosaurus. Hadrosauria berciri tulang jengger panjang dari tengkorak, meskipun bukan jaringan keras.

Rhinorex juga tidak memiliki mahkota di atas kepalanya, tapi sebagai gantinya dinosaurus baru ini memiliki hidung besar. Total panjang 9 meter, berat lebih dari 3 ton dan tinggal di lingkungan rawa estuarial sekitar 80 km dari pantai.

"Kami menemukan hadrosauria lain dari periode waktu yang sama tetapi terletak sekitar 320 km ke sebelah selatan dengan lingkungan berbeda," kata Terry Gates, paleontolog North Carolina State University.

Pertama digali pada 1990-an dari formasi Neslen Utah, Rhinorex menampilkan fosilisasi fitur kulit dengan baik. Satu-satunya fosil hadrosaurus terlengkap dari situs Neslen dan mengisi beberapa kesenjangan disparasi habitat Late Cretaceous.

"Kami memiliki tengkorak yang indah, tapi persiapan sangat sulit butuh waktu 2 tahun untuk menggali dari batu pasir dalam. Ini seperti menggali tengkorak dinosaurus dari beton," kata Gates.
A new saurolophine hadrosaurid (Dinosauria: Ornithopoda) from the Campanian of Utah, North America

Terry A. Gates1,2, Rodney Scheetz 3
  1. David Clark Labs, North Carolina State University, Raleigh, NC 27695, USA
  2. North Carolina Museum of Natural Science, 11 W Jones St., Raleigh, NC 27601
  3. BYU Museum of Paleontology, 1683 N Canyon Rd., Provo, UT 84602, USA
Journal of Systematic Palaeontology, 17 Sep 2014

Akses : DOI:10.1080/14772019.2014.950614
Gambar: Julius Csotonyi
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment