Thursday, September 25, 2014

Ikan Gua Astyanax mexicanus Hapus Ritme Sirkadian

Laporan Penelitian - Ikan gua buta menghentikan ritme sirkadian untuk menghemat energi. Ikan tanpa mata yang tinggal dalam gelap permanen di Meksiko, Astyanax mexicanus, menghapus ritme sirkadian untuk menghemat energi.

Di suatu waktu antara 1 juta hingga 100 ribu tahun lalu, ikan permukaan entah bagaimana masuk ke gua. Astyanax mexicanus, berevolusi secara independen di lingkungan gelap permanen dan menghapus banyak fitur yang tidak penting seperti mata.

Sebagian besar hewan memiliki ritmen sirkadian siang-malam yang jelas untuk proses metabolisme. Tapi tidak adanya siklus siang-malam dalam metabolisme penghuni gua dan sebagai gantinya lebih irit 27 persen penggunaan energi.

"Ikan gua hidup tanpa cahaya, tanpa kehadiran sirkadian untuk makanan atau predator, mereka tidak butuh untuk bersiap-siap apapun," kata Damian Moran, biolog Lund University di Swedia.

"Alasan mengapa metabolisme penggenjot energi hewan untuk aktif siang bahwa mereka sedang mempersiapkan untuk mencari makan, pencernaan dan mengantisipasi semua proses fisiologis," kata Moran.

Penghuni gua mengeliminasi siklus dan hasilnya jauh lebih sedikit penggunaan energi selama periode 24-jam dibandingkan rekan yang hidup di permukaan. Tetra Meksiko spesies populer di kalangan biolog evolusi, secara fisik berbeda tapi masih kawin silang.
Eyeless Mexican Cavefish Save Energy by Eliminating the Circadian Rhythm in Metabolism

Damian Moran1, Rowan Softley1, Eric J. Warrant1
  1. Department of Biology, Lund University, Lund, Sweden
PLoS ONE, September 24, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0107877

Gambar: Ltshears/Wikimedia Commons via EOL
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment