Skip to main content

Probe Mangalyaan Sampai Orbit, India Masuk Klub Elit Mars

www.LaporanPenelitian.com - India memasang bendera di orbit Planet Merah dan bergabung ke dalam klub elit Mars. Misi pertama negara itu berhasil memasuki orbit planet merah dan para ilmuwan meletus bergemuruh tepuk tangan.

India bergabung dengan klub terkemuka penjelajah Mars pada 24 September ketika probe Mangalyaan bermanuver ke orbit planet merah sesuai rencana. Sampai saat itu hanya Amerika Serikat, Uni Soviet dan Badan Antariksa Eropa yang berhasil mencapai Mars.

"Sejarah telah dibuat hari ini. Mars dan MOM telah bersatu," kata Perdana Menteri India Narendra Modi di ruang kontrol Indian Space Research Organisation (ISRO) di Bangalore.

India berhasil pada upaya pertama adalah prestasi yang tak pernah dilakukan negara lain. Dan mereka melakukannya dengan harga murah, Mars Orbiter Mission (MOM) hanya US$67 juta. Bersama misi MAVEN Amerika Serikat kedua wahana menyelidiki lingkungan Mars hari ini.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.