Saturday, September 20, 2014

Tiap Jenis Pohon Simpan Microbiome Bakteri Unik

Laporan Penelitian - Setiap jenis pohon memiliki identitas bakteri, microbiome unik. Sidik jari genetik bakteri menunjukkan tanaman host dari keluarga dan strategi ekologi yang berbeda memiliki komunitas mikroba sangat berbeda pada daun.

Sampel bakteri dari 57 jenis pohon yang tumbuh di hutan tropis dataran rendah Barro Colorado Island, Panama, para ilmuwan menggunakan sekuen DNA untuk sekuensing gen 16S ribosomal RNA yang diisolasi dari sampel.

Gen ini adalah barcode yang memungkinkan identifikasi dan mengukur keragaman bakteri berdasarkan jutaan fragmen DNA yang dihasilkan dari komunitas bakteri penghuni permukaan daun.

"Beberapa bakteri sangat berlimpah, sementara lainnya langka dan hanya ditemukan pada daun spesies host. Tiap jenis pohon dimiliki komunitas khas bakteri," kata Steven Kembel, biolog University of Quebec di Montreal.

Dalam microbiome hewan bahwa diet memiliki dampak yang besar pada struktur komunitas mikroba dalam usus dan kelimpahan beberapa taksa bakteri berkorelasi dengan pertumbuhan, mortalitas dan fungsi-fungsi host.

Bakteri pada tanaman adalah jenis-jenis bakteri terkait tanah dan air yang terlibat dalam nitrogen dan metana. Variasi kelimpahan bakteri di seluruh spesies host adalah kunci fungsi dari ekosistem hutan.
Relationships between phyllosphere bacterial communities and plant functional traits in a neotropical forest

Steven W. Kembel1,2 et al.
  1. Département des sciences biologiques, Université du Québec à Montréal, Montreal, Quebec, Canada H3C 3P8
  2. Institute of Ecology and Evolution, University of Oregon, Eugene, OR 97403
Proceedings of the National Academy of Sciences, September 15, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1216057111
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment