Skip to main content

Asteroid Chicxulub Membuka Panggung Kehidupan Modern

www.LaporanPenelitian.com - Angiosperma dan tanaman berbunga konifer tumbuh cepat pasca kelenyapan dino. Beberapa saat setelah asteroid Chicxulub menyapu bersih dinosaurus sekitar 66 juta tahun lalu menciptakan hutan tanaman daun.

Sekitar 66 juta tahun lalu batu angkasa selebar 10 km yang memukul planet Bumi tepat di Chicxulub Meksiko meninggalkan kawah seluas 150 kilometer, tsunami, kebakaran hutan, gempa dan letusan gunung yang menyapu bersih dinosaurus dan hutan.

Chicxulub adalah novel dramatik. Tapi kimamat kolosal membuka jalan munculnya mamalia dan setting panggung kehidupan modern. Komunitas tumbuhan beraneka ragam selama 1,4 juta tahun akhir Cretaceous dan 800 ribu tahun pertama Paleogen.

Angiosperma tumbuh lambat digantikan rekan-rekan cemara. Daun lebih tipis dan ringan dengan urat lebih banyak, meskipun cepat gugur dan harus berganti setiap tahun. Daun gugur mengambil karbon lebih cepat daripada sepupu hijau mereka.

"Kepunahan itu tidak acak dan cara tanaman merespon gangguan besar. Dan memberitahu mengapa kita menemukan hutan modern umumnya gugur, bukan hijau," kata Benjamin Blonder, ekolog University of Arizona.

Blonder dan rekan menyelidiki 1.000 fosil daun yang terbaring di batuan Hell Creek Formation selatan North Dakota. Pendekatan baru memungkinkan peneliti memprediksi spesies menggunakan karbon dan air yang tersembunyi jutaan tahun di bawah sedimen.
Plant Ecological Strategies Shift Across the Cretaceous–Paleogene Boundary

Benjamin Blonder1,2 et al.
  1. Department of Ecology and Evolutionary Biology, University of Arizona, Tucson, Arizona, United States of America
  2. Rocky Mountain Biological Laboratory, Gothic, Colorado, United States of America
PLOS Biology, September 16, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pbio.1001949

Gambar: Donna Braginetz/Denver Museum of Nature & Science

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…