Saturday, September 13, 2014

Evolusi Yo-Yo Ukuran Tubuh Leluhur Sloth Mini

Laporan Penelitian - Sloth super-slow di bawah kendali evolusi yo-yo. Hari ini kecil, tapi nenek moyang memiliki ukuran tubuh besar pada tingkat menakjubkan. Sloth lambat di hampir segala sesuatu, tetapi tubuh berubah cepat dalam jutaan tahun.

Keluarga mamalia folivora hari ini kecil dan lambat dalam segala hal, tapi leluhur mereka memasang evolusi cepat. Spesies menggelembungkan berat badan dari beberapa kilogram sekitar 35 juta tahun lalu sampai dengan 3.800 kilogram.

Garis keturunan menambah 126 kilogram setiap juta tahun mencapai ukuran gajah. Sloth tanah raksasa Megatherium americanum seberat 4 ton yang hidup 3 juta hingga 11.700 tahun lalu menyusut kembali ke ukuran mini 4-5 kilogram.

"Sloth hari ini benar-benar kambing hitam keluarga kemalasan," kata Anjali Goswami, evolusionis University College London.

"Jika kita mengabaikan catatan fosil dan membatasi studi hanya sloth hidup maka kita kehilangan kisah nyata dan meremehkan evolusi sangat kompleks yang menghasilkan spesies yang mendiami dunia kita," kata Goswami.

Dua kelompok sloth menanggung kemiripan dengan beberapa kerabat punah. Megatherium americanum bisa berjalan tegak dengan kaki belakang. Eremotherium eomigrans bisa seberat 5 ton dan cakar panjang tumbuh di kaki.

Kondisi lingkungan harus benar-benar disukai ukuran tubuh besar seperti iklim atau persaingan antar spesies. Kedua kemalasan raksasa punah sekitar 11.000 tahun lalu dan hanya menyisakan keturunan sloth yang hidup hari ini dengan berat maksimal 5 kilogram.
Complex body size trends in the evolution of sloths (Xenarthra: Pilosa)

Sara Raj Pant1 et al.
  1. Department of Genetics, Evolution & Environment, University College London, Gower Street, London WC1E 6BT, UK
BMC Evolutionary Biology, 10 September 2014

Akses : DOI:10.1186/s12862-014-0184-1

Gambar: Christian Mehlführer via Wikimedia Commons
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment