Skip to main content

Evolusi Yo-Yo Ukuran Tubuh Leluhur Sloth Mini

Laporan Penelitian - Sloth super-slow di bawah kendali evolusi yo-yo. Hari ini kecil, tapi nenek moyang memiliki ukuran tubuh besar pada tingkat menakjubkan. Sloth lambat di hampir segala sesuatu, tetapi tubuh berubah cepat dalam jutaan tahun.

Keluarga mamalia folivora hari ini kecil dan lambat dalam segala hal, tapi leluhur mereka memasang evolusi cepat. Spesies menggelembungkan berat badan dari beberapa kilogram sekitar 35 juta tahun lalu sampai dengan 3.800 kilogram.

Garis keturunan menambah 126 kilogram setiap juta tahun mencapai ukuran gajah. Sloth tanah raksasa Megatherium americanum seberat 4 ton yang hidup 3 juta hingga 11.700 tahun lalu menyusut kembali ke ukuran mini 4-5 kilogram.

"Sloth hari ini benar-benar kambing hitam keluarga kemalasan," kata Anjali Goswami, evolusionis University College London.

"Jika kita mengabaikan catatan fosil dan membatasi studi hanya sloth hidup maka kita kehilangan kisah nyata dan meremehkan evolusi sangat kompleks yang menghasilkan spesies yang mendiami dunia kita," kata Goswami.

Dua kelompok sloth menanggung kemiripan dengan beberapa kerabat punah. Megatherium americanum bisa berjalan tegak dengan kaki belakang. Eremotherium eomigrans bisa seberat 5 ton dan cakar panjang tumbuh di kaki.

Kondisi lingkungan harus benar-benar disukai ukuran tubuh besar seperti iklim atau persaingan antar spesies. Kedua kemalasan raksasa punah sekitar 11.000 tahun lalu dan hanya menyisakan keturunan sloth yang hidup hari ini dengan berat maksimal 5 kilogram.
Complex body size trends in the evolution of sloths (Xenarthra: Pilosa)

Sara Raj Pant1 et al.
  1. Department of Genetics, Evolution & Environment, University College London, Gower Street, London WC1E 6BT, UK
BMC Evolutionary Biology, 10 September 2014

Akses : DOI:10.1186/s12862-014-0184-1

Gambar: Christian Mehlführer via Wikimedia Commons

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…