Skip to main content

Bintang Perampok Supernovae Tipe IIb SN 1993J

LaporanPenelitian.com - Perangkat Cosmic Origins Spectrograph and Wide-Field Camera 3 di panel NASA Hubble Space Telescope akhirnya menemukan bintang pendamping langka Supernovae Tipe IIb SN 1993J.

Sebuah ledakan pertama kali terdeteksi pada tahun 1993 adalah contoh limit supernovae Tipe IIb. Supernova SN 1993J duduk di tepian galaksi M81 yang terletak di konstelasi Ursa Major sekitar 11 juta tahun cahaya.

Kelas supernova adalah garis kontinum. SN 1993J dan semua supernovae Tipe IIb tidak biasa karena tidak memiliki sejumlah besar hidrogen hadir dalam ledakan. Pertanyaan kunci bagaimana SN 1993J kehilangan hidrogen.

Satu teori supernova Tipe IIb bahwa bintang utama kehilangan sebagian besar hidrogen dalam amplop luarnya dirampok bintang pendamping sebelum meledak dan pendamping terus membakar helium bintang super hot.

Selama 2 dekade astronom mencari pendamping SN 1993J yang hilang dalam silau cahaya sisa-sisa ledakan. Sekarang laporan baru menggabungan citra 2 instrumen Hubble dan data berbasis tanah untuk cahaya optik pengumpul sinar UV.

"Penelitian lebih lanjut mencakup penyempurnaan kendala pada bintang ini dan pasti menunjukkan bintang pendamping hadir," kata Ori Fox, astronom University of California di Berkeley.

Uncovering the Putative B-Star Binary Companion of the SN 1993J Progenitor

Ori D. Fox1 et al.
  1. Department of Astronomy, University of California, Berkeley, CA 94720-3411, USA
arXiv (last revised 23 May 2014)

Akses : arXiv:1405.4863

Gambar 1: NASA/ESA/G. Bacon, STScI.
Gambar 2: NASA/ESA/Z. Levay, STScI.

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…