Skip to main content

Zoom In Persalinan Exoplanet Di Disk Bintang HD 100546

www.LaporanPenelitian.com - Para astronom zoom in persalinan exoplanet raksasa di sekitar bintang muda HD 100546 aka KR Muscae sebagai bintang Herbig Be sekitar 335 tahun cahaya dari Bumi ketika berangkat mempelajari disk bintang.

Teknik spektrofotometri-astrometri memungkinkan deteksi perubahan kecil posisi gas bergerak di piringan panas dan menemukan sumber tambahan emisi dari molekul karbon monoksida yang tidak dapat dijelaskan piringan protoplanet saja.

Perubahan kecepatan dan posisi emisi tambahan selama bertahun-tahun pengamatan mampu menunjukkan sebuah planet besar mengorbit di sekitar HD 100546 dalam sekitar 13 unit astronomi atau sedikit lebih jauh dari Saturnus-Matahari.

Sebuah konfirmasi hipotesis awal untuk mengukur kemampuan menyelidiki emisi tambahan protoplanet yang mengorbit bintang muda. Kandidat planet akan menjadi gas raksasa setidaknya 3 kali massa Jupiter.

Teorinya bahwa materi dari piringan protoplanet besar feed ke disk berputar yang kemudian feed ke pertumbuhan planet. Oleh karena itu disk berputar memainkan peran sebagai penengah dalam pertumbuhan planet. Sisa-sisa disk juga bisa melahirkan bulan.

Para ilmuwan berencana terus memantau gerak planet dan menggali data tambahan untuk lebih mendefinisikan sifat-sifat disk. Diprediksi planet dan disk menghilang dari tampilan dalam waktu 2 tahun ketika terakumulasi di tepi disk melingkar.



NIR Spectroscopy of the HAeBe Star HD 100546: III. Further Evidence of an Orbiting Companion?

Sean D. Brittain, John S. Carr, Joan R. Najita, Sascha P. Quanz, Michael R. Meyer

arXiv (Submitted on 2 Sep 2014)

Akses : arXiv:1409.0804

Gambar 1: ESO/L. Calçada
Gambar 2: P. Marenfeld/NOAO/AURA/NSF

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…