Skip to main content

Variasi Gen Tersembunyi Dibalik Rahasia Centenarian

Laporan Penelitian - Varian gen membantu orang hidup sampai 100 tahun. Rahasia genetik centenarian mulai terurai dan mengisyaratkan kolesterol rendah berperan dalam umur panjang. Laporan pertama deteksi genotipe langka meniup 100 lilin.

Hipotesis genetika menyumbang hingga 30 persen variabilitas umur manusia. Tapi sejauh ini hanya 2 gen dikaitkan umur panjang dan tidak memiliki pengaruh besar membuat teka-teki genetik kadang-kadang menjadi heritabilitas yang hilang.

Kecurigaan berkembang mutasi langka berada di belakang umur panjang. Tapi bisa terjawab dengan penelitian genetik standar sekuen potongan kecil DNA untuk varian yang dikenal daripada menjelajahi genom lengkap.

Untuk mencari mutasi langka tersembunyi, Timothy Cash, genetikawan Spanish National Cancer Research Centre di Madrid, dan rekan sekuensing seluruh exome (protein-coding DNA) 3 centenarian Spanyol dan 4 saudara kandung mereka.

Hasil sekuen lalu dibandingkan dengan exome dari 800 orang yang memiliki rentang hidup rata-rata. Satu gen apolipoprotein B memiliki mutasi langka pada keluarga berumur panjang. Protein dibuat oleh gen respon kolesterol dalam darah.

"Ini memperkuat hipotesis bahwa kesehatan jantung merupakan faktor penting penuaan secara keseluruhan," kata Cash.

Penelitian sebelumnya telah mengkaitkan varian gen ini juga mempengaruhi transportasi kolesterol dan mengurangi risiko Alzheimer. Gen lain terlibat dalam umur panjang yaitu FOXO3A yang mempengaruhi respon terhadap insulin.
Exome sequencing of three cases of familial exceptional longevity

Timothy P. Cash et al.

Aging Cell, 12 AUG 2014

Akses : DOI:10.1111/acel.12261

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…