Skip to main content

Lagu Favorit Mengambil Waktu Jatuh Ke Jalan Kenangan

www.LaporanPenelitian.com - Lagu mengambil jalan kenangan di dalam otak. Tak perduli apakah Beethoven atau Eminen, setiap orang memiliki lagu favorit yang membawa kembali ke titik waktu meringkuk atau berbunga-bunga.

Mendengarkan lagu kesukaan mungkin menyenangkan, tapi lagu favorit membawa terjun ke dunia nostalgia. Musik tidak membuat ativitas kuat dalam otak, tetapi lebih besar membuat keterhubungan di antara berbagai bagian.

Sebauh tim menggunakan functional magnetic resonance imaging (fMRI) untuk memeta aktivitas otak 21 relawan muda yang mendengarkan musik rock, rap dan klasik. Empat lagu dianggap ikon, 1 lagu asing dan 1 diidentifikasi favorit.

Mendengarkan musik yang disukai membuka sirkuit saraf belahan otak dalam jaringan modus default. Tapi mendengarkan lagu favorit mendorong aktivitas hippocampus, area yang bertanggung jawab untuk link memori dan emosi sosial.

"Temuan ini menjelaskan mengapa keadaan emosional dan mental dialami orang-orang yang mendengar musik berbeda seluas Beethoven dan Eminem," kata Robin Wilkins, neurosaintis University of North Carolina di Greensboro.
Network Science and the Effects of Music Preference on Functional Brain Connectivity: From Beethoven to Eminem

R. W. Wilkins1,2,3 et al.
  1. Laboratory for Complex Brain Networks, Wake Forest School of Medicine, Winston-Salem, NC 27157
  2. Neuroimaging Laboratory for Complex Systems, Gateway MRI Center, Joint School for Nanoscience and Nanoengineering, University of North Carolina Greensboro, NC 27401
  3. Music Research Institute, University of North Carolina Greensboro, NC 27403
Scientific Reports, 28 August 2014

Akses : DOI: 10.1038/srep06130

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…