Thursday, August 28, 2014

Haootia quadriformis, Fosil Otot Dari Ediacaran

LaporanPenelitian.com - Fosil berdating 560 juta tahun, bukti otot paling awal. Fosil bantalan otot organisme berkembang di tempat yang sekarang Newfoundland di Kanada selama periode Ediacaran sekitar 560 juta tahun lalu.

Fosil Haootia quadriformis adalah bundel sel yang membuat gerakan cnidarian, kelompok berisi hewan modern seperti karang, anemon laut dan ubur-ubur. Novel tertua jaringan otot yang berbeda dari setiap fosil Ediacaran sebelumnya.

"Evolusi otot memungkinkan tepat mengontrol gerakan, membuka jalan eksplorasi berbagai strategi relung ekologi sebagai kekuatan dominan di dunia," kata Alexander Liu, paleontolog University of Cambridge.

Ledakan Kambrium adalah periode evolusi dan penyebaran cepat dimulai 541 juta tahun lalu ketika sebagian besar kelompok hewan utama pertama kali muncul dalam catatan fosil. Tapi jejak kaki dan kimia memberi bukti jauh lebih awal.

"Masalahnya, meskipun sudah banyak diperkirakan hadir sebelum Ledakan Kambrium, sangat sedikit fosil yang ditemukan di batuan lebih tua memiliki fitur meyakinkan sebagai hewan," kata Liu.

"Sebaliknya, kita mempelajari aspek ekologi mereka, makan atau reproduksi, untuk memahami apa yang mereka mungkin telah lakukan," kata Liu.
Haootia quadriformis n. gen., n. sp., interpreted as a muscular cnidarian impression from the Late Ediacaran period (approx. 560 Ma)

Alexander G. Liu1 et al.
  1. Department of Earth Sciences, University of Cambridge, Downing Street, Cambridge CB2 3EQ, UK
Proceedings of the Royal Society B, 27 August 2014

Akses : DOI:10.1098/rspb.2014.1202

Gambar: A. G. Liu et al., DOI:10.1098/rspb.2014.1202
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment