Skip to main content

Tengkorak Anak Taung Tak Punya Titik Lemah

www.LaporanPenelitian.com - Tengkorak anak kuno tidak punya titik lemah, CT scan tengkorak hominin muda berdating 3 juta tahun tidak menunjukkan tanda-tanda jenis kelemahan yang akan terlihat pada anak manusia dengan otak lebih besar.

Bayi saat lahir dengan sejumlah plat longar tengkorak yang bergabung membentuk bintik lembut. Satu kontribusi terbaru atas perdebatan panjang berjalan di permukaan apakah fosil Taung Child mungkin mewakili tanda-tanda awal sekering tengkorak.

Para ilmuwan mengusulkan teori bahwa manusia mengevolusi sifat ini untuk mengakomodasi otak yang terus berkembang sejak temuan tengkorak Homo neanderthalensis yang lebih besar dari otak leluhur manusia awal.

Ditemukan pada tahun 1924 di Afrika Selatan, Anak Taung pertama dan terbaik contoh evolusi otak hominin awal. Laporan baru mengusulkan tanda-tanda pertama adaptasi tengkorak hominin Australopithecus africanus yang hidup 3,3-2,1 juta tahun lalu.

"Jahitan metopic kokoh dan fontanel anterior terbuka, 2 fitur memudahkan pertumbuhan otak pasca persalinan bayi manusia," kata Kristian Carlson, antropolog University of Witwatersrand di Johannesburg.

Untuk menguji teori, Carlson dan rekan menggunakan resolusi tinggi computed tomography untuk melihat setiap lapisan tengkorak. Bukti menemukan perkembangan otak bayi hominin awal mirip dengan manusia modern.

"Catatan fosil hominin dan variasi simpanse tidak mendukung hipotesis bahwa hal ini berevolusi pada A. africanus atau hominin awal Homo," kata Carlson.
New high-resolution computed tomography data of the Taung partial cranium and endocast and their bearing on metopism and hominin brain evolution

Ralph L. Holloway1 et al.
  1. Department of Anthropology, Columbia University, New York, NY 10027
Proceedings of the National Academy of Science, August 25, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1402905111

Gambar: Didier Descouens via Wikimedia Commons

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…