Langsung ke konten utama

Suara Masa Lalu Simpanse Menuju Digital Open Access

Laporan Penelitian - Panggilan simpanse Gombe tersedia setelah menunggu 40 tahun. Frans Plooij mahasiswa pascasarjana University of Groningen dan istrinya Hetty van de Rijt-Plooij pada tahun 1971 pergi ke Gombe National Park di Tanzania untuk meneliti migrasi simpanse.

Mereka berharap untuk mengajar di sekolah lokal. Tapi setelah menyadari bahwa tidak ada pemukiman di dekatnya, mereka memutuskan tetap sibuk menggunakan peralatan rekaman untuk menganalisis vokalisasi simpanse.

Dengan tangan memegang mikrofon directional, mereka rajin mencatat dengusan, teriakan dan rengekan. Primata berkumpul di lokasi untuk makan pisang yang dikelola para ilmuwan. Lebih dari 2 tahun, mereka merekam panggilan bayi, remaja dan simpanse dewasa.

Sekarang harta karun telah diposting di open access oleh tim antropologi evolusi Anne Pusey yang juga aktif di Duke Jane Goodall Institute Research Center. Koleksi mencakup lebih dari 1.100 rekaman selama 10 jam dari 17 simpanse.

Digitalisasi rekaman Frans X. Plooij dan almarhum Hetty van de Rijt-Plooij adalah kesempatan penelitian vokal seumur hidup. Banyak individu dicatat dari bayi kemudian muncul dalam rekaman yang dibuat Peter Marler (1967), Charlotte Uhlenbroek (1991-1993) dan Lisa O'Bryan (2009-2010).

Data sekarang tersimpan di Macaulay Library Cornell University dan Dryad Digital Repository.
Longitudinal recordings of the vocalizations of immature Gombe chimpanzees for developmental studies

Frans X. Plooij1 et al.
  1. International Research-institute on Infant Studies, 6814 CE, Arnhem The Netherlands
Scientific Data, 19 August 2014

Akses : DOI:10.1038/sdata.2014.25

Gambar: Frans X. Plooij et al., DOI:10.1038/sdata.2014.25

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…