Skip to main content

Streaming Hidrogen Selebar 2,6 Juta Tahun Cahaya

LaporanPenelitian.com - Streaming hidrogen meluasi ruang selebar 2,6 juta tahun cahaya. Sebuah aliran sungai cosmos membanjiri sejumlah materi gas yang ditemukan di dalamnya ke luar ruangan sekitar.

Sebuah tim menggunakan William E. Gordon Telescope di Observatorium Arecibo di Puerto Rico menemukan jembatan antar galaksi berisi atom hidrogen sepanajng 2,6 juta tahun cahaya dalam galaksi NGC 7448 terletak sekitar 500 juta cahaya tahun.

"Ini tak terduga. Kita sering melihat aliran gas di dalam galaksi cluster, tetapi untuk menemukan bukan dalam sebuah cluster belum pernah terjadi sebelumnya," kata Rhys Taylor, astronom Czech Academy of Sciences.

Sejumlah gas berhamburan dari galaksi ke ruang sekitar, para ilmuwan menemukan gas di dalam galaksi, tapi kali ini setengah gas setara15 miliar kali massa Matahari berada di jembatan. Jauh lebih banyak dari di Bima Sakti dan Andromeda digabungkan.

Salah satu hipotesis bahwa galaksi besar di salah satu ujung jembatan melewati dekat kelompok galaksi yang lebih kecil di ujung lain di masa lalu dan jembatan gas ditarik keluar saat mereka bergerak terpisah.

Hipotesis lain bahwa galaksi besar dibajak langsung melalui tengah cluster, mendorong gas keluar. Para ilmuwan berencana menguji berbagai ide terbaik menggunakan Teleskop Arecibo.
The Arecibo Galaxy Environment Survey – VII. A dense filament with extremely long H i streams

R. Taylor1,2 et al.
  1. Arecibo Observatory, HC03 Box 53995, Arecibo 00612, Puerto Rico
  2. Astronomical Institute of the ASCR, Boční II 1401, 14100 Prague, Czech Republic
Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, August 7, 2014

Akses : DOI:10.1093/mnras/stu1305

Gambar: Rhys Taylor/Arecibo Galaxy Environment Survey/The Sloan Digital Sky Survey Collaboration

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…