Tuesday, August 12, 2014

Akhir Novel Rangeomorph Penguasa Era Ediacaran

LaporanPenelitian.com - Sekitar 600 juta tahun lalu makhluk fraktal frondlike memegang tampuk regim kepemimpinan Bumi. Komunitas rangeomorph mengisi lautan purba, kemudian secara misterius menghilang dari novel Cambrian.

Bentuk-bentuk kehidupan primitif dalam lanskep kaya nutrisi, laut tenang Periode Ediacaran yang berlangsung 635 juta hingga 541 juta tahun lalu. Tapi makhluk stasioner bukan perenang cepat untuk Periode Kambrium ketika kimia air laut berubah.

"Lautan Periode Ediacaran lebih seperti sup, penuh nutrisi seperti karbon organik, sedangkan hari ini partikel makanan harus dipanen berbagai hewan," kata Simon Conway Morris, paleontolog University of Cambridge di Inggris..

Semua kehidupan dikendalikan dari laut dan sebagian besar adalah ganggang atau bakteri. Makhluk beradaptasi di lautan ketika nutrisi tinggi atau rendah dalam kompetisi. Beberapa organisme lebih besar meninggalkan jejak dalam batuan di seluruh dunia.

Rangeomorphs tampak seperti pakis dengan cabang fraktal memancar dari tubuh tabung pusat. Beberapa bisa setinggi 2 meter. Selama masa kejayaan, mereka tinggal di mana-mana dari perairan dangkal hingga parit laut terdalam.

"Kita tahu rangeomorphs terlalu dalam di laut, mendapatkan energi melalui fotosintesis. Tapi lebih mungkin mereka menyerap nutrisi langsung dari air," kata Jennifer Hoyal Cuthill, paleobiolog di University of Cambridge di Inggris.

Rangeomorphs secara radikal berbeda dari semua bentuk kehidupan. Para ilmuwan tidak tahu bagaimana mereka hidup, reproduksi atau makan. Awalnya paleontolog bahkan tidak setuju rangeomorphs adalah hewan primitif mirip spons.

Tetapi selama ledakan Kambrium antara 520 juta dan 540 juta tahun lalu makhluk aneh dan mobile mulai mengisi lautan. Kimia kolom air tidak lagi kaya nutrisi. Evolusi exoskeleton menjadi inovasi trendi. Bergerak cepat menghukum mahkluk stasioner, rangeomorphs tak berdaya.
Fractal branching organizations of Ediacaran rangeomorph fronds reveal a lost Proterozoic body plan

Jennifer F. Hoyal Cuthill1 and Simon Conway Morris
  1. Department of Earth Sciences, University of Cambridge, Cambridge CB2 3EQ, United Kingdom
Proceedings of the National Academy of Sciences

Akses : DOI:10.1073/pnas.1408542111

Gambar: University of Cambridge
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment