Friday, August 8, 2014

Neanderthal Berburu dan Santap Merpati Columba livia

LaporanPenelitian.com - Neanderthal cerdik berburu dan menyantap Merpati Batu liar. Homo neanderthalensis berotak dan akal tajam menangkap dan memakan burung. Keterampilan yang banyak diasumsikan berada di luar kemampuan mereka.

Tulang di Gibraltar menyarankan sepupu punah manusia awal Homo neanderthalensis memanjat tebing curam untuk mencapai sarang burung liar dan menyantapnya. Sebuah tim menyelidiki 1.724 tulang merpati di Gua Gorham di Gibraltar.

"Neanderthal dipandang terlalu ceroboh untuk menangkap mangsa cepat," kata Clive Finlayson, kurator Gibraltar Museum.

Tulang Merpati Columba livia dikubur dalam sedimen berdating 28,000 hingga 67,000 tahun. Sebagian besar lapisan dalam formasi saat hanya Neanderthal tinggal di situs sebelum kedatangan manusia modern 40.000 tahun lalu.

"Mereka tidak mungkin mengambil keterampilan menangkap burung dari manusia modern," kata Finlayson.

158 tulang memiliki tanda dibakar, 28 tanda dipotong dan 15 tanda gigitan manusia. Temuan baru menguatkan teori bahwa Neanderthal berburu dan makan burung selama ribuan tahun, selain teori alternatif mereka hanya menemukan merpati yang sudah mati.

Beberapa antropolog berteori Neanderthal punah karena kalah bersaing dengan manusia modern. Neanderthal hanya bisa menangkap hewan besar, sedangkan manusia modern cukup cerdas menangkap beragam mangsa termasuk ikan dan burung.

Finlayson sekarang mencari bukti lain terkait Neanderthal menangkap burung dan fitur bulu sebagai ornamen sejalan dengan laporan sebelumnya yang mengisyaratkan bahwa Neanderthal menggunakan bulu dekoratif.

"Neanderthal mungkin memulai dengan makan, kemudian pindah ke tujuan lain seperti pakaian atau ornamen," kata Finlayson.
The earliest pigeon fanciers

Ruth Blasco1 et al.
  1. The Gibraltar Museum, 18-20 Bomb House Lane, P. O. Box 939, Gibraltar
Scientific Reports, 07 August 2014

Akses : DOI:10.1038/srep05971

Gambar: Ruth Blasco et al., DOI:10.1038/srep05971
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment