Skip to main content

Lensa Gravitasi Galaksi IRC 0218 Sejauh 9,6 Miliar Tahun

LaporanPenelitian.com - Hubble menyingkap lensa gravitasi paling jauh, sekelompok astronom menemukan rekor kaca pembesar kosmik paling jauh. Sebuah galaksi elips besar dengan gravitasi kuat mempembesar cahaya galaksi latar belakang.

Advanced Camera for Surveys dan Wide Field Camera onboard NASA Hubble Space Telescope mengintip galaksi muncul 9,6 miliar tahun lalu dan salah satu anggota paling terang di kejauhan cluster galaksi IRC 0218.

Dalam pandangan diperbesar, gumpalan berwarna lebih terang adalah galaksi spiral jauh di belakang latar yang terdistorsi dan diperbesar. Raksasa elips sumber medan gravitasi sangat besar yang mengalihkan cahaya sebanyak lensa optik menelikung cahaya.

Warna merah adalah cahaya bintang-bintang tua. Fenomena lensa gravitasi memuliakan, mencerahkan dan mendistorsi gambar objek jauh yang mungkin terlalu lemah. Cahaya bintang muda membuat galaksi terlihat biru. Daerah putih mungkin area pembentukan bintang.

"Ketika Anda melihat lebih dari 9 miliar tahun lalu, Anda tidak berharap menemukan jenis galaksi-galaksi lensing sama sekali. Sangat sulit melihat keselarasan 2 galaksi di alam semesta awal," kata Kim-Vy Tran, astronom Texas A & M University di College Station.

"Jika Anda memindahkan kaca pembesar di seberang ruangan, kesempatan untuk melihat kaca pembesar hampir sempurna sejalan dengan obyek lain di luar itu berkurang," kata Tran.
Discovery of a Strong Lensing Galaxy Embedded in a Cluster at z = 1.62

Kenneth C. Wong, Kim-Vy H. Tran, Sherry H. Suyu, Ivelina G. Momcheva, Gabriel B. Brammer, Mark Brodwin, Anthony H. Gonzalez, Aleksi Halkola, Glenn G. Kacprzak, Anton M. Koekemoer, Casey J. Papovich, Gregory H. Rudnick

arXiv (last revised 11 Jun 2014)

Akses : arXiv:1405.3661

Gambar: NASA/ESA/Kim-Vy Tran, Texas A&M University/Kenneth Wong, Academia Sinica Institute of Astronomy & Astrophysics
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.