Thursday, July 31, 2014

Molekul-Molekul Misterius Di Ruang Antar Bintang

LaporanPenelitian.com - Molekul misterius di luar angkasa. Luas membentang, mencapai ruang kosong antar bintang, molekul kecil yang tak terhitung jumlahnya jatuh diam-diam meskipun vakum dingin. Ditempa di tungku fusi bintang kuno dan dikeluarkan ke ruang angkasa saat bintang-bintang meledak.

Molekul-molekul kesepian membawa akun untuk sejumlah besar karbon, hidrogen, silikon dan atom lain di alam semesta. Bahkan sekitar 20 persen dari semua karbon di alam semesta diperkirakan eksis sebagai suatu bentuk molekul antarbintang.

Banyak astronom menduga molekul-molekul antarbintang juga bertanggung jawab untuk fenomena "difus band antar bintang". Bukti spektrografik bahwa sesuatu di luar sana menyerap warna berbeda dari cahaya bintang-bintang sebelum mencapai Bumi.

Tapi kita tidak tahu komposisi kimia tepat dan regulasi atom molekul-molekul misterius dan tetap tidak terbukti apakah pada kenyataannya bertanggung jawab untuk band difus. Sekarang sekelompok ilmuwan menawarkan kemungkinan menggoda.

Molekul-molekul misterius mungkin silikon hidrokarbon seperti SiC3H, SiC4H dan SiC5H. Laporan baru menyajikan data dan argumen teoritis pendukung hipotesis, meskipun banyak kemungkinan diusulkan sebagai sumber band difus belum ada yang terbukti definitif.

"Ada beberapa penjelasan selama bertahun-tahun dan mereka menutupi gamut," kata Michael McCarthy, fisikawan Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Para astronom telah lama tahu molekul antarbintang mengandung atom karbon dan menurut sifatnya harus menyerap cahaya dari bintang dan benda bercahaya lain. Sejumlah ilmuwan sebelumnya mengusulkan beberapa jenis molekul antarbintang yang diserap spektogram.
Optical spectra of the silicon-terminated carbon chain radicals SiC n H (n = 3,4,5)

D. L. Kokkin, N. J. Reilly, R. C. Fortenberry, T. D. Crawford3 and M. C. McCarthy

The Journal of Chemical Physics, 29 July 2014

Akses : DOI:10.1063/1.4883521

Gambar: D. Kokkin, Arizona State University
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment