Langsung ke konten utama

Efek Kuantum Gravitasi Mengubah Lubang Hitam

Laporan Penelitian - Bouncing quantum bisa membuat lubang hitam meledak, jika ruang-waktu granular bisa membalikkan keruntuhan gravitasi dan mengubahnya menjadi ekspansi. Sebuah upaya teoritis meskipun belum menemukan dukungan eksperimental.

Lubang hitam mungkin mengakhiri hidup menjadi sebaliknya yaitu 'lubang putih' yang menuangkan eksplosi semua materi yang pernah tertelan ke ruang. Satu saran berdasarkan teori kuantum gravitasi spekulatif mungkin bisa memecahkan teka-teki lama kehancuran lubang hitam.

Teori ini menunjukkan transisi dari lubang hitam ke lubang putih mengambil tempat yang tepat setelah awal terbentuknya lubang hitam, tapi karena gravitasi melebarkan waktu, pengamat luar melihat lubang hitam miliaran, triliunan tahun atau lebih abadi tergantung ukuran anggaran.

Jika benar, lubang hitam kecil yang terbentuk selama sejarah awal alam semesta sekarang siap meletup seperti petasan dan mungkin terdeteksi sebagai energi tinggi sinar kosmik atau radiasi lainnya.

Bahkan dalam laporan baru, para imuwan menyiratkan bahwa beberapa flare dramatis yang umumnya dianggap ledakan supernova sebenarnya merupakan pergolakan sekarat lubang hitam kecil yang terbentuk tak lama pasca Big Bang.

Teori Relativitas Umum Einstein bekerja ketika sebuah bintang sekarat runtuh di bawah beratnya sendiri dapat mencapai tahap di mana keruntuhan tidak dapat diubah dan tidak ada kekuatan yang dikenal di alam dapat menghentikannya.

Hal ini terjadi ketika cakrawala peristiwa muncul menyelubungi bintang dari pengamat luar, sementara mereka terus runtuh karena tidak ada, bahkan cahaya atau informasi apapun lainnya, dapat melarikan diri event horizon.

Karena kurva materi padat ruang relativitas umum klasik memprediksi bahwa bintang di dalamnya akan terus menyusut sebagai singularitas, suatu daerah di mana materi padat tak terhingga dan ruang tak terbatas melengkung. Dalam situasi seperti itu hukum fisika berhenti.
Black hole fireworks: quantum-gravity effects outside the horizon spark black to white hole tunneling

Hal M. Haggard, Carlo Rovelli

arXiv (last revised 6 Jul 2014)

Akses : arXiv:1407.0989

Possible observational windows for quantum effects from black holes

Steven B. Giddings

arXiv (last revised 7 Jul 2014)

Akses : arXiv:1406.7001

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…