Saturday, July 19, 2014

Sekilas Pertama Higgs Boson Menjalankan Tugasnya

LaporanPenelitian.com - Dunia collider partikel terbesar di dunia memberi sekilas pertama Higgs boson melakukan tugasnya di tempat kerja. Selama 50 tahun, Higgs boson bagian terakhir yang hilang dalam model standar fisika partikel secara elegan memprediksi partikel dan gaya dasar berinteraksi.

The ATLAS experiment di Large Hadron Collider (LHC) dekat Jenewa, Swiss, menemukan Higgs pada tahun 2012, sekarang tim yang sama melaporkan penampakan hamburan pasang partikel W boson satu sama lain. Proses langka untuk menguji bagaimana Higgs benar-benar beroperasi.

Higgs diimpikan untuk menjelaskan mengapa dan beberapa partikel dipaksa seperti W boson dan Z boson memiliki massa, sementara yang lain seperti foton tidak. Teori menyadari Higgs bisa memecahkan misteri lain yang melibatkan W boson.

Ketika mereka mencoba untuk menghitung seberapa sering W boson harus berinteraksi satu sama lain, hasil fisik tidak mungkin tanpa Higgs dan teori mulai rusak. Masalah bisa diselesaikan dengan membiarkan W boson dan Higgs boson bertabrakan.

Fisikawan tahu partikel-partikel dengan sangat baik, tapi mereka belum pernah melihat berinteraksi dengan cara itu sebelumnya. Dengan pengukuran langsung mereka dapat memeriksa bahwa Higgs boson melakukan tugas apa pun sesuai sifat kuantum tertentu.

LHC bekerja dengan menghancurkan proton bersama-sama mendekati kecepatan cahaya hingga salah satu proton memancarkan W boson. ATLAS telah melihat 34 event di antara miliaran tumbukan. Sejauh ini semuanya cocok dengan prediksi model standar.

"Kami belum pernah melihat di sudut ini dalam model standar sebelumnya. Ini adalah awal dari sesuatu yang sangat menarik di tahun-tahun mendatang," kata Jake Searcy di University of Michigan, Ann Arbor, dan anggota tim ATLAS.
Evidence for Electroweak Production of W±W±jj in pp Collisions at s√=8 TeV with the ATLAS Detector

ATLAS Collaboration

arXiv (Submitted on 23 May 2014)

Akses : arXiv:1405.6241

Gambar: ATLAS experiment
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment