Tuesday, July 15, 2014

Orang Clovis Juga Berburu Gomphotheres

www.LaporanPenelitian.com - Orang Clovis berburu gajah sebagai mangsa, bukan hanya mammoth dan mastodon. Jejak budaya Amerika kuno ditemukan lebih jauh ke selatan dari perkiraan semula. Arkeolog menemukan artefak Clovis bercampur tulang-tulang gomphotheres.

Temuan artefak budaya Clovis bercampur tulang belulang gomphotheres, leluhur kuno gajah, di situs arkeologi di barat laut Meksiko bahwa kelompok luas awal pemburu-pengumpul penghuni Amerika Utara kemungkinan juga berburu gomphotheres.

"Ini gomphothere pertama kali ditemukan di Amerika Utara dan satu-satunya yang diketahui," kata Vance Holliday, arkeolog University of Arizona di Tucson.

Holliday dan rekan menggali sisa-sisa kerangka 2 gomphotheres remaja pada tahun 2007 setelah peternak memberitahu bahwa tulang ditemukan di barat laut Sonora, Meksiko. Kemudian pada tahun 2008 mereka menemukan tulang rahang dengan gigi terkubur terbalik di tanah.

"Kami akhirnya menemukan mandibula dan ini memberi kisah," kata Holliday.

Gomphotheres lebih kecil dibanding mammoth. Mereka pernah tersebar luas di Amerika Utara, tapi menghilang dari catatan fosil sebelum manusia tiba di Amerika Utara yang terjadi sekitar 13.000 sampai 13.500 tahun lalu selama akhir Zaman Es.

Holliday dan tim juga menemukan sejumlah poin proyektil serta alat pemotong dan serpih batu api. Dating radiokarbon menempatkan situs El Fin del Mundo pada sekitar 13.400 tahun, salah satu dari dua situs Clovis tertua di Amerika Utara setelah situs Aubrey di utara Texas.
Human (Clovis)–gomphothere (Cuvieronius sp.) association ∼13,390 calibrated yBP in Sonora, Mexico

Guadalupe Sanchez1 et al.
  1. Estación Regional del Noroeste, Instituto de Geología, Universidad Nacional Autónoma de México, 83000 Hermosillo, Sonora, Mexico
Proceedings of the National Academy of Sciences, July 14, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1404546111

Gambar 1: Vance Holliday
Gambar 2: Sergio de la Rosa
Gambar 3: Guadalupe Sanchez
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment