Wednesday, July 9, 2014

Durasi Uranisasi Tak Terpengaruh Ukuran Tubuh

www.LaporanPenelitian.com - Hewan besar tidak lebih jenius soal kencing bahwa kandung kemih gajah lebih dari 3000 kali ukuran kucing tapi keduanya mengambil jumlah waktu yang sama ketika membuang air kecil.

Video membidik berbagai mamalia berbeda mengungkap hewan lebih besar dari 3 kilogram memerlukan waktu sekitar 21 detik untuk mengosongkan kandung kemih. Sebuah tim mengukur seberapa cepat urine mengalir dari uretra.

Ketika ukuran tubuh meningkat demikian juga panjang uretra. Karena uretra gajah lebih panjang dari kucing, gravitasi menciptakan lebih banyak tekanan dalam uretra gajah, mendorong urin berjalan lebih cepat.

Aturan tidak berlaku untuk hewan kecil seperti tikus dan kelelawar yang mengambil hanya 0,1 hingga 2 detik untuk buang air kecil. Uretra mereka sangat tipis, gravitasi tidak mempengaruhi aliran urin. Sebaliknya, tegangan permukaan menarik urin melalui uretra sampai muncul dalam tetesan.

Patricia Yang, bioteknolog Georgia Institute of Technology di Atlanta, dan rekan berharap dapat membantu insinyur membangun sistem yang lebih besar pada pipa dan waduk yang tidak memakan waktu lama ketika menguras.




Duration of urination does not change with body size

Patricia J. Yang1 et al.
  1. Schools of Mechanical Engineering and
  2. Biology, Georgia Institute of Technology, Atlanta, GA 30332
Proceedings of the National Academy of Sciences, June 26, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1402289111

Video: Patricia J. Yang et al., DOI:10.1073/pnas.1402289111
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment