Skip to main content

Tupai Ekor Rumbai Mewah Rheithrosciurus macrotis

Laporan Penelitian - Tupai vampire memiliki ekor paling berjumbai dunia. Beberapa ilmuwan pernah melihat tupai langka berumbai Rheithrosciurus macrotis bersembunyi di hutan perbukitan Kalimantan. Ekor berbulu halus sulak dan bergoyang-goyang mabuk.

Tupai yang aneh. Rheithrosciurus macrotis memiliki ukuran 2 kali tupai pohon. Sekarang, kamera motion-controlled mengintip fakta semakin aneh. Hewan pengerat 35 sentimeter memiliki ekor mewah mekar sebagai mamalia banding rasio ukuran tubuh.

"Spesies ini benar-benar sangat aneh," kata Erik Meijaard, konservatoris People and Nature Consulting International di Jakarta.

Meijaard dan istrinya, Rona Dennis, ilmuwan penginderaan jauh independen, mengumpulkan koleksi foto-foto Rheithrosciurus ketika tersentak kamera bergerak. Putri mereka, Emily Mae Meijaard, 15 tahun, mahasiswa British International School di Jakarta, menganalisis gambar, mengukur ekor dan tubuh individu.

Ekor glamour 30% lebih besar dari volume tubuh, tupai yang memiliki segala sesuatu yang ekstrim bahwa telinga sangat berbulu pula. Pesaing rasio ekor besar terdekatnya adalah possum, tupai terbang dan kucing ekor cincin.

Tidak jelas mengapa Rheithrosciurus membutuhkan ekor begitu besar, tapi Meijaard percaya massa angguk bulu mungkin untuk membingungkan macan tutul dan predator lain.

Legenda lokal mengatakan Rheithrosciurus yang banyak makan biji raksasa menjadi ganas memburu darah bahwa tupai akan bertengger di cabang rendah, melompat ke tubuh rusa dan meluka urat nadi kemudian mengeluarkan isi perut setelah menjadi bangkai.
Tall Tales of a Tropical Squirrel

Emily Mae Meijaard, Rona Anne Dennis, Erik Meijaard

Taprobanica, 2014. Vol. 06, No. 01: pp. 27-31

Akses : DOI:10.4038/tapro.v6i1.7059

Gambar 1: Hose's Civet & Small Carnivore Project, Borneo
Gambar 2: Rona Dennis
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.