Saturday, June 28, 2014

Kandidat Temuan Pertama Thorne-Żytkow Object

LaporanPenelitian.com - Sebuah bintang di galaksi tetangga mungkin telah menelan bintang lain. Duduk sekitar 200.000 tahun cahaya di konstelasi Tucana, bintang HV 2112 tampaknya supergiant merah dan sebuah bintang neutron. Kandidat temuan pertama dan konfirmasi sejak diusulkan pada tahun 1975.

Pasangan aneh ini disebut Thorne-Żytkow Object atau TZO yang sebagian besar masih teoritis. Di Small Magellanic Cloud, sebuah galaksi satelit Bima Sakti, HV 2112 adalah kandidat TZO pertama yang dilihat. Sebuah TZO dimulai dengan 2 bintang besar mengorbit satu sama lain.

Ketika sebuah bintang meledak dalam supernova, core yang tertinggal sebagai bintang neutron. Bintang pendamping karena faktor usia membengkak dan ingin menelan bintang neutron, tapi terseret ke jantung saudaranya. Atau, bintang neutron mungkin menembak dengan supernova menjadi pendampingnya.

TZO sulit ditemukan karena terlihat hampir identik dengan supergiant merah lainnya. Emily Levesque, astronom University of Colorado di Boulder, dan rekan menemukan TZO dengan mencari jumlah unsur-unsur tertentu di atmosfer bintang. Kimia aneh ketika gas memenuhi permukaan panas bintang.
Discovery of a Thorne-Zytkow object candidate in the Small Magellanic Cloud

Emily M. Levesque, Philip Massey, Anna N. Zytkow, Nidia Morrell

arXiv (Submitted on 30 May 2014)

Akses : arXiv:1406.0001
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment