Skip to main content

Komputer Diagnosis Foto Gangguan Genetik Langka

www.LaporanPenelitian.com - Foto wajah mengungkap gangguan langka. Tanpa jam terbang tinggi, seorang dokter kesulitan mengenali orang dengan gangguan genetik langka. Sekarang, komputer dapat membantu diagnosa dengan scan foto-foto pasien yang bersangkutan.

Total kelainan genetik langka diindap 6 persen orang tapi tes genetik tidak tersedia untuk berbagai kondisi karena varian gen yang menyebabkan mereka belum diidentifikasi. Ini berarti dokter harus bergantung pada fitur wajah, tetapi hanya sedikit orang yang dilatih untuk mengenalinya.

Sekitar 30-40 persen kelainan genetik seperti Cornelia de Lange dan Sindrom Apert menghasilkan fitur wajah tertentu. Alis tebal dan dahi menonjol. Sistem komputer dilatih untuk mengenali fitur dan membantu dokter ketika menegakkan diagnosis cuma dengan foto yang dikirim orang tua pasien melalui email.

"Idenya adalah menawarkan kepada sistem kesehatan di seluruh penjuru dunia karena semua yang Anda butuhkan hanya sebuah komputer dan foto digital," kata Christoffer Nellåker, fisiolog University of Oxford di UK.
Diagnostically relevant facial gestalt information from ordinary photos

Quentin Ferry et al.

eLife, June 24, 2014

Akses : DOI:10.7554/eLife.02020

Gambar: Oxford University
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.