Langsung ke konten utama

Katai Putih PSR J2222-0137 Menjadi Bintang Berlian

Laporan Penelitian - Sebuah berlian seukuran Bumi duduk di langit sejauh 870 tahun cahaya dari tempat kita. PSR J2222-0137, katai putih begitu dingin bahwa karbon telah mengkristal. Para astronom menduga di usia 11 miliar tahun, sama seperti usia Bima Sakti, kerdil putih merupakan bintang terdingin yang pernah diamati.

Sebuah kerdil putih PSR J2222-0137 pendamping pulsar PSR J2222 sangat keren bahwa karbon telah mengkristal dan membentuk berlian raksasa di ruang angkasa. Ditemukan tahun 2013 oleh Jason Boyles, astronom West Virginia University, adalah objek pertama di sistem pulsar.

Pulsar berputar lebih dari 30 kali per detik dan gravitasi terikat bintang pendamping yang awalnya diidentifikasi sebagai salah satu bintang neutron lain atau lebih mungkin kurcaci putih luar biasa dingin. Keduanya mengorbit satu sama lain sekali setiap 2,45 hari.

Menurut Teori Relativitas Einstein, gravitasi menelikung ruang menyebabkan keterlambatan sinyal radio PSR J2222 berlalu. Perjalanan waktu tertunda yang membantu tim menentukan orientasi orbit dan massa. PSR J2222 memiliki massa 1,2 kali Matahari dan kerdil putih 1,05 kali Matahari.

"Benar-benar luar biasa. Tetapi karena begitu redup mereka sangat sulit ditemukan," kata David Kaplan, astronom University of Wisconsin-Milwaukee.

Mengetahui lokasi dengan presisi tinggi para astronom percaya seharusnya mampu mengamati dalam cahaya optik dan inframerah. Teleskop Southern Astrophysical Research di Chile dan teleskop 10 meter Keck di Hawaii mampu mendeteksinya.
A 1.05 M⊙ Companion to PSR J2222-0137: The Coolest Known White Dwarf?

David L. Kaplan, Jason Boyles, Bart H. Dunlap, Shriharsh P. Tendulkar, Adam T. Deller, Scott M. Ransom, Maura A. McLaughlin, Duncan R. Lorimer

arXiv (Submitted on 2 Jun 2014)

Akses : arXiv:1406.0488

Gambar: B. Saxton/NRAO/AUI/NSF

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…