Wednesday, June 11, 2014

Perluasan Limit Kehidupan Dalam Konteks Exoplanet

www.LaporanPenelitian.com - NASA memperluas daftar kemungkinan kelayakhunian dunia lain. Christopher McKay, astronom NASA yang berbasis di Ames Research Center, menyusun daftar revisi kemungkinan planet atau objek lain yang layak untuk dihuni.

Sebuah perluasan limitasi kehidupan dalam konteks exoplanet dengan cara-cara yang bisa mungkin hidup di tempat ekstrim, Lunar atau bahkan asteroid. Berbagai eksperimen bahwa kehidupan bisa muncul di bawah kondisi lingkungan yang sebelumnya dianggap tidak mungkin.

Tampaknya logis definisi kondisi yang mungkin untuk kehidupan di tempat lain harus diperluas juga. Tidak semua bentuk kehidupan memerlukan persyaratan yang sama seperti sebagian besar kehidupan di Bumi, beberapa dapat bertahan atau bahkan berkembang dalam kondisi sangat ekstrim.

Beberapa mikroorganisme ditemukan hidup di lingkungan yang konsisten di bawah titik beku atau jauh di atas titik didih sehingga tidak masuk akal jika para ilmuwan menyingkirkan suatu kandidat planet layak huni hanya karena terlalu dingin atau terlalu panas.

Juga tidak semua bentuk kehidupan harus membutuhkan air terlalu banyak. Beberapa ganggang ditemukan hidup di dalam batu yang tidak berbeda dengan kuantitas kandungan air yang terperangkap dalam batuan di Lunar bahwa kehidupan asing bisa lebih ekstrim.

Cahaya atau bentuk lain sumber energi mungkin juga telah dilebih-lebihkan. Makhluk ditemukan hidup di laut pada kedalaman hampir melampaui dimana sinar Matahari tidak dapat menembus. Beberapa planet telah salah dikecualikan sebagai pemegang kehidupan hanya karena terlalu jauh dari bintang host.

Ada juga masalah radiasi dimana manusia dan mikroba dapat bertahan hidup di dalam reaktor nuklir. Begitupun oksigen bahwa beberapa bentuk kehidupan seperti bakteri yang hidup di dalam tanah. Nitrogen, di sisi lain tampaknya jauh lebih penting.
Requirements and limits for life in the context of exoplanets

Christopher P. McKay1
  1. Space Science Division, National Aeronautics and Space Administration Ames Research Center, Moffett Field, CA 94035
Proceedings of the National Academy of Sciences, June 9, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1304212111
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment