Wednesday, June 4, 2014

Manusia Penyebab Utama Kepunahan Megafauna

LaporanPenelitian.com - Manusia didakwa untuk kepunahan mammoth dan raksasa lainnya. Sekira 12.000 tahun lalu di akhir zaman es yang terakhir banyak spesies mamalia besar termasuk raksasa mammoth, Badak Wol dan kucing bertaring tajam menghilang.

Para ilmuwan memasang 3 teori dari perubahan iklim, dampak extraterrestrial di Kanada dan perburuan oleh manusia. Salvo terbaru dalam perdebatan yang melihat data spesies di seluruh dunia bahwa pin sebagian besar menyalahkan penyebab pada manusia.

Laporan baru melihat pola kepunahan 177 spesies mamalia seberat 10 kilogram atau lebih yang terjadi antara 132.000 tahun lalu hingga 1000 tahun lalu. Proporsi interval kepunahan mamalia besar terjadi erat kaitannya dengan masa ekspansi global manusia.

Meskipun link itu tidak jelas apakah manusia secara langsung menyeka makhluk dalam perburuan, secara umum perubahan iklim diikuti pola penyebaran manusia bahwa kepunahan bukan karena perubahan iklim itu sendiri yang menyapu mamalia besar.
Global late Quaternary megafauna extinctions linked to humans, not climate change

Christopher Sandom1 et al.
  1. Ecoinformatics and Biodiversity, Department of Bioscience, Aarhus University, Ny Munkegade 114, Aarhus C 8000, Denmark
Proceedings of the Royal Society B, 4 June 2014

Akses : DOI:10.1098/rspb.2013.3254

Gambar: Wikimedia Commons
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment